Apa yang dimaksud dengan Waktu Tunggu Pemesanan (Lead Time)?

Waktu tunggu pemesanan adalah waktu yang dibutuhkan antara waktu pemesanan dan waktu penerimaan pesanan diketahui.

Apa yang dimaksud dengan Waktu Tunggu Pemesanan (Lead Time) ?

Pada proses pemesanan barang, di mulai dari memesan sampai barang tersebut datang/siap digunakan, diperlukan jangka waktu yang bisa bervariasi dari beberapa jam sampai beberapa bulan. Perbedaan waktu antara saat memesan barang sampai saat barang datang dikenal dengan istilah waktu tunggu (lead time).

Lead time adalah tenggang waktu yang diperlukan antara saat pemesanan bahan baku dan datangnya bahan baku itu sendiri, Waktu tunggu ini dapat konstan dan dapat juga bersifat probabilistic.

Lead time muncul karena setiap pesanan membutuhkan waktu dan tidak semua pesanan bisa dipenuhi seketika, sehingga selalu ada jeda waktu. Lead time sangat berguna bagi perusahaan yaitu pada saat persediaan mencapai nol, pesanan akan segera tiba di perusahaan.

Dalam Economic Order Quantity (EOQ), lead time diasumsikan konstan artinya dari waktu ke waktu selalu tetap dan berulang dalam setiap periode. Akan tetapi dalam prakteknya lead time banyak berubah-ubah, untuk mengantisipasinya perusahaan sering menyediakan persediaan pengaman atau safety stock.