Apa yang dimaksud dengan wabah Black Death?

Black Death

Pandemi mematikan ini membunuh hampir setengah populasi Eropa dalam waktu yang singkat. Ternyata, wabah ini diakibatkan bakteri Yersinia pestis. Apa yang dimaksud dengan wabah Black Death?

Black Death pada tahun 1348-1353. Pandemi mematikan ini membunuh hampir setengah populasi eropa dalam waktu yang singkat. Ternyata, wabah ini diakibatkan bakteri Yersinia Pestis. Yersinia Pestis merupakan bakteri dari famili Enterobacteriaceae yang sering menjangkiti manusia. Tersinia Pestis dibawa oleh kutu yang berada pada hewan-hewan seperti tikus, kucing hingga anjing.

Wabah di Eropa tersebut berasal dari kutu-kutu tikus di atas kendaraan dan lambung kapal para pedagang dari Asia. Sebelumnya wabah ini membunuh 25 juta orang di Cina hingga mulai menyebar mengikuti arus para pedagang di jalur sutra. Pada 1347, Black Death mulai masuk ke Eropa dari pesisir Italia hingga mencapai Inggris bagian utara pada musim panas berikutnya. Pada tahun 1348, bakteri ini mewabah hingga Jerman dan Skandinavia.

Para penderita menunjukkan gejala infeksi dengan munculnya kelenjar getah bening di sekitar selangkangan, leher dan ketiak. Menyerang dan berkembang sangat cepat, Yersinia Pestis membuat penderitanya muntah darah hingga mati pada minggu pertama gejala muncul. Wabah ini pun terus berulang hingga 300 tahun ke depan pada masa itu.

Sumber:
sains.me