Apa yang dimaksud dengan Virus Komputer ?

virus_komputer

(Vina Shaw) #1

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.

Apa yang dimaksud dengan Virus Komputer ?


(Ella Inayatul Khusna) #2

Virus komputer adalah program software kecil yang dirancang untuk menyebarkan virus dari satu komputer ke komputer lain dan mengganggu pengoperasian komputer.Virus komputer menyebabkan kerusakan pada komputer yang terinfeksi.Virus menginfeksi komputer tanpa sepengetahuan user.

Penyebaran Virus Komputer


  1. Berbagi musik, file atau foto dengan pengguna lain
  2. Mengunjungi situs Web yang terinfeksi virus
  3. Membuka email spam yang atau lampiran email
  4. Mendownload game gratis, toolbar, pemutar media dan sistem utilitas lainnya
  5. Menginstal aplikasi perangkat lunak utama tanpa sepenuhnya membaca perjanjian lisensi

Dampak Virus


Beberapa virus komputer yang diprogram untuk merusak komputer dengan merusak program, menghapus file, atau melakukan format hard drive. Lainnya hanya mereplikasi diri atau membanjiri jaringan dengan lalu lintas, sehingga mustahil untuk melakukan aktivitas internet. Bahkan virus komputer dapat secara signifikan mengganggu kinerja sistem, menguras memori komputer dan menyebabkan komputer sering crash.

Jenis virus komputer


  1. Virus makro
    Virus ini menginfeksi file yang dibuat menggunakan beberapa aplikasi atau program yang berisi macro seperti doc, pps, xls dan mdb. Mereka secara otomatis menginfeksi file dengan macro dan juga template dan dokumen yang terdapat dalam file. Mereka bersembunyi di dokumen bersama melalui e-mail dan jaringan

  2. Virus Memory Resident
    Virus ini biasanya memperbaiki diri di dalam memori komputer. Virus ini diaktifkan setiap kali OS berjalan dan berakhir menginfeksi file lainnya dibuka. Virus Memory Resident bersembunyi di RAM.

  3. Virus Overwrite
    Jenis virus ini menghapus informasi dalam file yang mereka infeksi. Virus ini mengganti semua isi file tetapi ukuran file tidak berubah.

  4. Virus Direct Action
    Virus ini meniru atau mengambil tindakan. Ketika kondisi tertentu terpenuhi, virus akan bertindak dengan menginfeksi file di direktori atau folder tertentu di AUTOEXEC.BAT tersebut. Virus umumnya ditemukan di direktori root hard disk, akan tetapi virus ini terus mengubah lokasi.

  5. Virus Directory
    Juga dikenal sebagai virus cluster atau virus file system. Mereka menginfeksi direktori komputer dengan mengubah path yang menunjukkan lokasi file. Mereka biasanya terletak di disk tapi mempengaruhi seluruh direktori.

  6. Web Scripting
    sebagian besar berasal dari halaman web yang terinfeksi atau browser

  7. Virus Multipartite
    Jenis ini virus menyebar dengan berbagai cara. Tindakan mereka bervariasi tergantung pada OS diinstal dan kehadiran file tertentu. Mereka cenderung bersembunyi di memori komputer tetapi tidak menginfeksi hard disk.

  8. Trojans
    Trojan secara ilegal bisa melacak rincian login penting dari pengguna online. Misalnya E-Banking sangat umum di kalangan pengguna, oleh karena itu, kerentanan melacak rincian login Anda setiap kali PC Anda bekerja tanpa antivirus yang kuat kuat diinstal.

  9. Virus Email
    Virus Ini adalah virus yang menyebar melalui email. virus tersebut akan bersembunyi di email dan ketika penerima membuka surat.

  10. Browser Hijacker
    Virus ini dapat menyebar dalam berbagai cara termasuk ketika mendownload. Jika terinfeksi virus tersebut secara tidak langsung akan masuk ke sebuah situs.

Gejala Komputer Terinfeks Virus


  • Kinerja komputer menjadi lambat
  • Perilaku komputer tidak menentu
  • Data tiba-tiba hilang
  • Komputer sering mengalami crash
Referensi
  1. http://files-recovery.blogspot.co.id/2010/06/20-common-types-of-computer-viruses-and.html
  2. https://www.webroot.com/us/en/home/resources/articles/pc-security/computer-security-threats-computer-viruses
  3. http://www.webopedia.com/TERM/V/virus.html
  4.  http://werehumans.com/en/what-is-a-computer-virus/