Apa yang dimaksud dengan Utility Software ?


(Vina Shaw) #1

Utility Software adalah system software yang dirancang untuk membantu menganalisa, mengkonfigurasi, mengoptimalkan atau merawat (maintenance) komputer.

Apa yang dimaksud dengan Utility Software ?


(Novaldo Manggala Galih Pragiwaka) #2

Utility Software adalah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk membantu menganalisis, mengkonfigurasi, mengoptimalkan atau mempertahankan komputer. [1] Utility Software merupakan jenis sistem perangkat lunak yang digunakan untuk mendukung infrastruktur komputer; Utility Software berbanding terbalik dengan perangkat lunak aplikasi, yang ditujukan untuk langsung melakukan tugas-tugas yang menguntungkan pengguna biasa.

Juga bisa dikatakan [3] Utility Program adalah system software yang menjalankan tugas-tugas maintenance. Disebut juga dengan utility. Berikut ini adalah utility yang terdapat pada windows. Utility program sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu utility eksternal dan utility internal.

Utility internal adalah utility yang sudah ada pada Windows kita, secara default sudah terinstall pada saat kita selesai menginstall Windows, bisa dikatakan program ini merupak program bawaan Windows, Sedangkan Utility eksternal adalah merupakan program yang bukaan bawaan windows, atau dikatakan kita harus menginstallnya terlebih dahulu.

Berikut Contoh dari Utility Program Internal : [4]

  • System Restore : Windows memperkenalkan ” Sistem Restore” pembukuan dan sistem pembalikan, dimana dimaksudkan untuk menyederhanakan troubleshooting dan memecahkan permasalahan. Dimaksudkan untuk bekerja sebagai suatu rollback dan fitur recovery sehingga jika instalasi dari suatu aplikasi kurang baik dapat mempengaruhi sistem, pemakai bisa membatalkan instalasi dan menegmbalikan sistem status kerja sebelumnya. pengerjaanya dengan memonitoring perubahan ke file sistem Windows dan registry. Sistem pengembalian meliindungi hanya sistem operasi file, bukan dokumen, dan oleh karena itu bukan pengganti untuk suatu backup program.

  • System File Protection : Diperkenalkan pertama dengan Windows 2000 ( sebagai Windows File Protection), dan berkembangkan dengan kemampuannya diperkenalkan dengan System File Checker pada Windows 98, System File Protection diarahkan untuk melindungi sistem file dari modifikasi dan korupsi dengan diam dan secara otomatis. Ketika perlindungan file sedang berjalan, dengan segera menggantikan atau menghapus suatu file sistem menyebabkan Windows ME ke dan dengan perlahan mengembalikan copy yang asli. Yang asli diambil dari suatu folder backup hard drive (% WinDir%\Options\Install) atau dari Windows ME CD instalasi, jika salinan cached file pada [hard-disk telah dihapus. Jika tidak ada CD instalasi di pengarah, sebuah kotak dialog mengingatkan pemakai tentang masalah dan permintaan bahwa CD dimasukkan. Perlindungan File Sistem (System File Protection) adalah suatu teknologi berbeda dari System Restore. Sytem Restore memelihara suatu file yang diubah mencakup aplikasi yang ditambahkan dan menyimpan data berulang kali pada poin-poin spesifik pada waktu penyimpanan kembali oleh pemakai, sedangkan System File Protection melindungi sistem operasi file tanpa masukan pemakai.

  • System Configuration Utility : memungkinkan para pemakai mencabut dan mengembalikan sistem file individu dengan manual dari file setup Windows ME. Telah diperbarui dengan tiga label baru disebut ” Static VxDs”, ” Environment” dan ” International”. Label Static VxDs membolehkan para pemakai untuk memungkinkan atau melumpuhkan virtual device driver statis untuk terisi pada startup, Label Environment mengijinkan para pemakai untuk memungkinkan atau melumpuhkan Emvironment Variables (variabel lingkungan), dan Label International mengijinkan para pemakai untuk mengatur tampilan papan tombol bahasa internasional yang dibentuk melalui file susunan real-mode MS DOS. Suatu tombol cleanup pada label startup memungkinkan membersihkan catatan masuk yang cacat atau terhapus.

  • System Monitor : sudah diperbarui dengan bagian Dial-Up Adapter. Pengguna sekarang dapat memonitor barang seperti kecepatan koneksi, Bytes yang diterima atau dipancarakan/kedua.

  • Disk defragmenter : Sebuah program untuk membantu merapihkan penempatan data di dalam harddisk, setelah rapih efeknya adalah kecepatan dalam mencari data lebih efisien karena tidak berpencar lagi. Dengan kata lain kita bisa artikan bahwa Disk Defragmenter ini sangat berguna untuk menyusun kembali urutan – urutan sector (pecahan atau bagian) dari file atau folder sehingga memudahkan Windows untuk membaca file atau folder tersebut. Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yg berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini. Untuk cara ini dianjurkan tidak terlalu sering,mengapa….? Defrag adalah proses pengaturan file pada hardisk. Untuk mengaturnya agar berada pada posisi track yang berdekatan maka dilakukan gesekan untuk memindahkan. Defrag yang terlalu sering akan menyebabkan kondisi piringan hardisk cepat rusak karena seringanya proses pengikisan.

  • Uninstaller : untuk menghapus program yang biasanya ada di local disk c:

  • Backup Software : membuat salinan semua informasi yang disimpan pada disk. Utilitas back up adalah suatu program utilitas yang memungkinan pengguna untuk menyalin atau membackup file-file terpilih atau seluruh hard disk ke media lain seperti CD, DVD, dll. Backup Utility untuk melakukan duplikasi file-file yang dipilih atau seluruh hard disk ke disk atau tape. Umumnya melakukan compress files pada saat melakukan backup sehingga membutuhkan tempat lebih kecil.

  • _ " _ memperluas fungsi clipboard dari sistem operasi.

  • Cryptographic Utilities : mengenkripsi dan mendekripsi stream dan file.

  • Disk Scanner : untuk mendeteksi dan mengkoreksi masalah pada hard disk atau floppy disk dan Mencari atau menghapus file-file yang tidak digunakan.
    Untuk memeriksa hardisk dan mencari kemungkinan ada nya error pada setiap permukaan piring hardisk dan kemudain memperbaikinya secara otomatis .

    Cara Kerja
    Scan disk melakukan pemeriksaan pada komputer anda untuk menemukan error-error tersebut. Setelah selesai dia akan menampilkan hasil pencariannya. Misalnya, dia menunjukkan apakah telah terjadi error dan menginformasikan bahwa error tersebut sudah diperbaiki

  • Diagnostik Utility : untuk melakukan menyusun informasi secara teknik tentang hardware dan beberapa software. Mempersiapkan laporan masalah secara terurai.

  • File Manager : untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti melakukan copy, memberi nama, menghapus dan memindah file. Image viewer menampilkan isi dari file gambar ketika user melakukan double click.

  • Screensavers

  • Memory Tester

  • Personal Firewall : untuk mendeteksi dan mengamankan personal computer dari instruksi-instruksi yang tidak dikenal (unauthorized intrusions). Versi update Windows XP terbaru secara langsung memungkinkan untuk membangun personal firewall pada saat isntalasi.

  • Notepad dan Wordpad (untuk menulis)

  • Paint (menggambar)

Sedangkan Contoh Untuk Utility Program Eksternal adalah :

  • Anti Virus. Untuk melindungi, mencegah, mendeteksi dan menghilangkan perangkat lunak jahat, seperti virus komputer, Trojan dan sebagainya yang mungkin dapat menghapus file, memperlambat kerja komputer, atau mencuri data pribadi. Bahkan kapersky mampu mendeteksi threat, membersihkan program-program yang tidak perlu, pembaruan secara otomatis, peringatan, perlindungan terhadap email masuk, perlindungan terhadap perpesanan instan, dan pemblokiran iklan pop-up.

  • Software Multimedia. Contoh : Winamp, PowerDVD, WinDVD, ACDSee, QuickTime

  • TuneUp Utilities. TuneUp Utilities memberikan berbagai fitur dengan tujuan untuk mengoptimalisasi kinerja komputer (PC), di mana program ini dapat menghapus file2 tidak perlu dalam komputer,
    mempercepat fungsi komputer, ataupun memperindah tampilan windows.

  • File Compression Utility berfungsi untuk mengurangi ukuran file untuk menambah sedikit ruang dan memperbaiki performance. Compressed files biasa disebut dengan zipped files, Utility program yang umum digunakan: PKZIP , WinZip, Izarc, dll.

  • CD/DVD burning software berfungsi untuk menuliskan text, graphics, audio, dan file video ke recordable atau rewriteable CD atau DVD.

Produk Software Utilities


Berikut adalah Macam-macam Software Utilities:

1. Glary Utilities

Terdiri dari berbagai fitur untuk mengoptimalisasi PC, memperbaiki error /kerusakan system/registry, meningkatkan kecepatan PC, melindungi file/folder, menghilangkan spyware dan berbagai fitur lainnya
Selain itu, Glary utilities juga hanya memerlukan spesifikasi komputer yang ringan untuk bisa menjalankannya. Dengan fasilitas 1-Click Maintenance, kita bisa melakukan pembersihan registry (Registry Cleaner), Perbaikan shortcut, membersihkan start up yang berbahaya, membersihkan file temporary dan menghapus spyware. hal ini mirip dengan fasilitas 1-Click Maintenance dari Tune-Up utilities atau Advanced System Care.

Fitur Glary Utilities:

Clean Up & Repair

  • Disk Cleaner, untuk membersihkan file-file yang tidak terpakai di hardisk
  • Registry Cleaner, membersihkan registry untuk meningkatkan performa komputer
  • Shortcut Fixer, untuk memperbaiki error shortcut di desktop dan start menu
  • Uninstall Manager, alternatif untuk meng uninstall program di komputer

Optimize & improve

  • Startup Manager, untuk mengatur aplikasi apa saja yang berjalan di startup windows
  • Memory Manager, memonitor penggunaan RAM dan mengoptimasi-nya secara real time
  • Contect Menu Manager, mengatursaja yang boleh tampil di kontek menu ( menu ketika kita klik kanan mouse)
  • Registry Defrag, mengatur kembali tatanan registry windows

Privacy & Security

  • Track Eraser, menghapus jejak, cookies, internet history dan lainnya
  • File Shredder, untuk menghapus file secara permanen sehingga tidak bisa di recovery
  • File Undelete, mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus
  • File Encrypter and Decrypter, untuk memproteksi file dari akses orang lain

File & Folder

  • Disk Analysis, menganalisa penggunaan space hardisk /drive
  • Duplicate Files Finder, untuk menemukan file-file yang sama/identik di hardisk, sehingga bisa dihapus salah satunya
  • Empty folders finder, menemukan folder-folder yang kosong sehingga bisa dihapus
  • File Splitter adn Joiner, membagi file yang berukuran besar dan menggabungkannya kembali

System Tools

  • Process Manager, alternatif pengganti Task Manager
  • Internet Explorer Assistant, mengatur, mengamankan dan konfigurasi browser internet explorer
  • Windows Standard Tools, akses ke beberapa fitur windows, yaitu : CheckDsk, Disk Defragmenter, System Restore, System File Checker dan BackupTop of Form

2. Perfect Utilities

Perfect Utilities akan memperbaiki beberapa masalah komputer, seperti kinerja yang sangat lambat, blue screen, deadlock error dan berbagai masalah lainnya yang berhubungan stabilitas sistem dan keamanan. Tidak seperti kebanyakan program lainnya, Program ini sepertinya dibuat oleh programmer dari China.

Perfect Utilities merupakan kumpulan berbagai aplikasi, yang di kelompokkan menjadi beberapa kategori, yaitu :

System Cleaners :

  • Perfect Disk Cleaner, untuk membersihkan file-file yang tidak terpakai di komputer.
  • Perfect Registry Cleaner, untuk mendeteksi, membersihkan dan memperbaiki kemungkinan kerusakan registry.
  • Perfect History Cleaner, untuk membersihkan jejak aktivitas online sehingga melindungi privasi.

System Optimizers

  • Perfect DiskDefrag, untuk defragment disk dan meningkatkan performa komputer.
  • Perfect Memory Optimizer, membersihkan , optimasi dan membebaskan penggunaan Memory.
  • Perfect Shortcut fixer, Memperbaiki shortcut aplikasi yang tidak valid.
  • Perfect Duplicate File Finder, menemukan dan menghapus file-fiel duplikat di komputer.

System Control

  • Perfect System Control, Mengatur setting-setting windows.
  • Perfect BHO (Browser Help Object ) Remover, untuk menghilangkan aplikasi seperti toolbar yang berjalan dengan Internet Explorer.
  • Perfect StartUp Cleaner, untuk mengatur aplikasi apa saja yang boleh berjalan bersama windows.
  • Perfect Auto Shutdown, untuk menjadwalkan shutdown komputer pada waktu tertentu.

System Tools

  • Perfect Process Manager, sebagai alternatif pengganti Task Manager.
  • Perfect Uninstaller Manager, untuk menguninstall aplikasi yang tidak diperlukan lagi.
  • Perfect System Information,memberikan informasi sistem komputer secara komprehensif.
  • Perfect Windows Tools, menjalankan berbagai tools windows dengan mudah.

Registry Tools

  • Perfect Registry BackUp, untuk mem-backup dan me-restore registry.
  • Perfect Registry Search, untuk mencari data spesifik di registry.

File Tools :

  • Perfect Undelete, untuk me-recovery file yang telah di hapus baik dengan format sistem NTFS, FAT32, FAT16 dan FAT12.
  • Perfect File Shredder, untuk menghapus file secara permanen sehingga tidak bisa di recovery lagi.
  • Perfect File Splitter, untuk membagi file menjadi file-file yang kecil.
  • Perfect EXE Protector, untuk memproteksi file executable (EXE) dengan password.

Melihat berbaga fitur tersebut, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Glary Utilities yang juga freeware atau TuneUp Utilities. Tetapi terdapat fitur tambahan seperti EXE Protector. Sebenarnya banyak terdapat program yang memberikan fitur seperti apa yang disertakan, tetapi Perfect Utilities telah menggabungkan menjadi satu berbagai tools yang diperlukan, sehingga patut dijadikan koleksi. Keunggulan lainnya adalah mendukung di sistem windows lama sampai terbaru (Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows XP, Windows 2003 Server, Windows Server 2008, Windows 7 ).

3. Tune Up Utilities

TuneUp Utilities 2010 merupakan software yang dapat membuat sistem operasi Windows Anda lebih cepat, lebih nyaman dan lebih aman hanya dengan hanya beberapa kali klik mouse. Dan semua operasi yang dilakukan pada sistem operasi yang sepenuhnya aman, karena semua perubahan yang dipantau oleh TuneUp Rescue Center dan dapat dibatalkan kapan saja.

Beberapa Fitur Tambahan pada TuneUp Utilities 2010 :

  1. Ada perubahan tampilan, yaitu pada interface atau antar muka dari start center software ini, terlihat lebih simpel dan sederhana juga menarik dari sebelumnya, juga keunggulannya (menurut saya) dari interface yang sekarang adalah, begitu mudahnya kita mengakses fitur-fiturnya.

  2. Masih dalam wawasan pembahasan tampilannya, jika diperhatikan, akan ada satu icon yang muncul di tray(letaknya di kanan bawah), yang fungsinya adalah memudahkan kita memantau hal-hal apa saja yang terjadi dan merupakan shortcut jika kita ingin menyalakan turbo mode, hal ini dirasakan cukup berguna, karena kita bisa memantau sekaligus menyalakan fungsi tertentu tanpa harus membuka jendela utamanya.

  3. Turbo mode akan mengoptimalkan kerja dari sistem komputer anda, dengan cara menonaktifkan fitur yang kurang berguna, sehingga sistem bisa fokus memberikan resources kepada program yang benar-benar anda butuhkan saja, mengenai bagaimana tune up utilities menentukan apa saja yang (menurut anda) berguna, mana yang tidak adalah, tune up utilities memberikan beberapa pertanyaan yang dimana anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda, jadi jangan takut, program yang menurut anda penting bisa tetap jalan.

4. NirLauncher dan Sysinternal Suite

Bagi yang sering utak-atik komputer, mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi dengan komputer baik untuk komputer lokal maupun jaringan, biasanya tidak asing dengan Nirsoft dan Sysinternals Utilities. Nirsoft Utilities dan Sysinternal merupakan kumpulan program kecil yang sangat bermanfaat untuk komputer (windows).
Belum lama ini Nirsoft membuat program NirLauncher yang berisi koleksi lebih dari 100 program kecil (utilities).

Nirsoft merupakan sebuah website yang menyediakan berbagai program kecil (utilities) yang semuanya gratis (freeware). Program-program ini di kembangkan (dibuat) sendiri oleh Nir Sofer. Koleksi yang disediakan memang fantastis untuk seorang programmer, mencakup :

  • Password Recovery Utilities
  • System Utilities
  • Web Browser Tools
  • Programmer Tools
  • Network Monitoring Tools
  • Internet Related Utilities
  • Command line utilities
  • Outlook/Office Utilities
  • Desktop tools
  • Video/Audio Related Utilities
  • Program (Utilities) lainnya

Total program yang dibuat lebih dari 100 dan masing-masing mempunyai ukuran yang relatif kecil dan diberikan petunjuk penggunaan, fungsi yang cukup detail (jelas). Jika kita ingin download masing-masing program tentu akan lama dan bingung mana yang akan diambil. NirLauncher merupakan program yang berisi semua kumpulan program yang ada, sehingga kita bisa menjalankan dan memilih berbagai aplikasi yang ada dengan hanya download program ini.

Referensi

Wikipedia : https://en.wikipedia.org/wiki/Utility_software
[1] Parsons, June Jamrich; Oja, Dan (2013). New Perspectives on Computer Concepts 2014: Comprehensive. Cengage Learning. p. 129.
[2] Another type is the operating system.
[3]http://www.webopedia.com/TERM/U/utility.html
[4]http://blog.ub.ac.id/arif/2010/03/24/utility-program/