Apa yang dimaksud dengan Utang atau liabilities?

Utang

Utang adalah sesuatu yang dipinjam. Seseorang atau badan usaha yang meminjam disebut debitur. Entitas yang memberikan utang disebut kreditur.

Apa yang dimaksud dengan Utang atau liabilities ?

Utang (liabilities) merupakan pengorbanan manfaat ekonomis(aset) di masa yang akan datang yang sifatnya probable karena kewajiban sekarang untuk mentransfer barang atau jasa ke entitas lain sebagai akibat transaksi/kejadian masa lalu.

Dari definisi di atas dapat ditarik beberapa hal penting yaitu:

  • Utang ini timbul dari transaksi atau kejadian masa lalu.
  • Utang harus melibatkan transfer aset atau penyediaan jasa dikemudian hari yang bersifat probable (hampir pasti).
  • Utang ini merupakan kewajiban dari suatu entitas.

Utang dibagi menjadi dua yaitu utang lancar (current liabilities), dan utang tidak lancar (non-current liabilities). Utang lancar adalah utang yang pelunasannya menggunakan aset lancar dan umumnya akan dilunasi kurang dari satu tahun atau satu siklus operasi normal.Utang tidak lancar adalah utangyang tidak bisa dikategorikan sebagai utang lancar. Berikut adalah contoh klasifikasi utang.

image
Gambar Klasifikasi Utang

Untuk tujuan pengukuran, baik utang lancar maupun tidak lancar dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Utang yang jumlahnya sudah pasti. Contoh dari utang ini adalah nominal dari wesel atau obligasi.
  • Utang yang jumlahnya harus diestimasi. Dilihat dari kepastiannya, utang ini pasti terjadi namun jumlahnya belum diketahui secara pasti. Utang garansi merupakan contohnya.
  • Utang bersyarat (contingent liablility) yaitu suatu utang yang akan muncul jika terjadi kejadian lain. Contohnya perusahaan dituntut dipengadilan oleh perusahaan lain. Perusahaan akan berkewajiban membayar uang jika pengadilan memenangkan perusahaan yang menuntut tersebut.