Apa yang dimaksud dengan UHT?

susu

Proses UHT terbukti bisa mematikan bakteri yang tidak diinginkan pada susu. Susu UHT lalu disimpan dalam kemasan aseptik, yang didesain sedemikian rupa agar kedap udara.

Semua produk minuman dalam kemasan mengandung pengawet? Jawabannya belum tentu. Produk dalam kemasan memang identik dengan bahan pengawet, supaya lebih tahan lama. Bahan-bahan kimia dalam pengawet makanan dikhawatirkan akan membahayakan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Tetapi, memang tidak semua produk makanan/minuman dalam kemasan harus menggunakan pengawet.

Konsumen sekarang bisa bernapas lebih lega, karena adanya teknologi pengemasan yang semakin modern. Proses pengemasan sekarang sudah banyak yang menggunakan teknologi UHT (Ultra High Temperature) dan dikemas dalam kemasan aseptik. Teknologi UHT diperkenalkan sudah lama, namun baru benar-benar populer sejak dua dekade terakhir. UHT sekarang identik pada pengolahan susu.

Susu dipanaskan dengan suhu melampaui 135°C, cukup 2-5 detik saja. Proses UHT terbukti bisa mematikan bakteri yang tidak diinginkan pada susu. Susu UHT lalu disimpan dalam kemasan aseptik, yang didesain sedemikian rupa agar kedap udara.

Jadi, susu bisa tahan sampai dengan 9 bulan, dengan catatan, kemasannya tertutup rapat tanpa ada celah sekecil apapun. Kalau sudah dibuka, susu masih bisa bertahan sampai 2 hari selama disimpan dalam suhu minimal 4°C. Itu rahasia produk susu UHT jadi tetap segar tanpa pengawet. Selain susu, sekarang teknologi UHT juga diterapkan untuk produk minuman lain seperti sari buah hingga makanan. nggak perlu terlalu was-was sama semua produk kemasan. Yang penting teliti ya melihat kemasannya.

Sumber:

Proses susu UHT ini melalui cara dipanaskan selama 2-3 detik pada suhu 135-150°C dan dikemas secara aseptik. Pada proses ini ada beberapa vitamin serta kandungan gizi mungkin berkurang. Namun, susu ini bisa bertahan lama walaupun tanpa bahan pengawet. Susu UHT dapat bertahan hingga 6 bulan. Susu ini juga tidak mudah terkontaminasi karena proses pemanasannya dengan suhu tinggi (Harjani, 2003).

Kelebihan susu UHT dibandingkan dengan susu yang lain adalah aman untuk dikonsumsi, karena telah bebas dari mikroba pembusuk dan mikroba penyebab penyakit. Susu UHT memiliki warna dan rasa yang mirip susu sapi segar, awet dan tanpa bahan pengawet, sangat praktis untuk dikonsumsi serta mengandung zat gizi yang sangat bermanfaat bagi pemeliharaan kesehatan tubuh yang optimal (Niken, 2016).

Menurut SNI 3141.1:2011, syarat-syarat mutu susu segar tertera pada tabel dibawah ini :

No. Karakteristik Satuan Syarat
1 Berat Jenis (pada suhu 27,5°C) g/ml 10,270
minimum
2 Kadar lemak minimum % 3,0
3 Kadar bahan kering tanpa lemak % 7,8
minimum
4 Kadar protein minimum % 2,8
5 Warna, bau, rasa, kekentalan - Tidak ada perubahan
6 pH - 6,3 – 6,8
7 Uji alkohol (70% v/v) - Negatif
8 Total Plate Count maksimum CFU/ml 1x106
9 Staphylococcus aureus CFU/ml 1x102
10 Enterobacteriaceae CFU/ml 1x103