Apa yang dimaksud dengan Two Factor Autenthication ?

keamanan_jaringan

(Dummyx) #1

Saat ini sangat banyak tindakan kriminal yang dilakukan dengan menggunakan akun milik orang lain atau dengan kata lain membobol akun milik orang lain. Salah satu Risk Management Plan yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau instansi adalah dengan Two Factor Utenthication.

Apa yang dimaksud dengan Two Factor Autenthication ?


(Revianda Amrullah Akbar) #2

Two Factor Autenthication adalah suatu fitur keamanan yang difungsikan sebagai verifikasi apakah pengguna yang akan login benar – benar orang yang memiliki akun tersebut.

Fungsinya adalah agar meminimalisir resiko orang lain bisa mengakses akun kita untuk hal - hal yang tidak kita inginkan, seperti orang lain menggunakan akun kita yang berkaitan dengan uang atau privasi, nama baik yang dapat merugikan kita.

Adapun cara kerja Two Factor Authentication adalah sebagai berikut :

Pemilk akun biasanya akan diminta untuk memasukan informasi nomor telepon, sebagai pelengkap data dari akun (email) miliknya. Setelah itu, sistem akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon yang didaftarkan sebelumnya. Kemudian pemilik akun akan diminta untuk mengisi kolom kode yang dikirimkan ke nomor hp, pada halaman ketika login.

Dengan begitu akun yang dimiliki pengguna akan lebih sulit untuk dibajak. Hal ini dikarenakan, akun tersebut sudah terintegrasi dengan nomor telepon pemilik akun. Jika ada oknum yang ingin membajak akun tersebut, maka dia harus memiliki akses ke nomor ponsel si pemilik akun.
Tentu saja tidak akan mudah bagi para peretas atau pembajak akun sosial media, untuk mendapatkan akses ke nomor telepon pemilik akun.

SUMBER :
http://searchsecurity.techtarget.com/definition/two-factor-authentication