Apa yang dimaksud dengan tumbuhan Xerofit ?


(Nesiabening96) #1

Tentu anda tidak asing dengan gambar diatas. Tetapi apakah anda tahu bahwa tanaman termasuk pada golongan Xerofit? Apa yang dimaksud dengan tumbuhan Xerofit?


(davin) #2

Xero artinya kering. Pengertian Tumbuhan Xerofit adalah Jenis Tumbuhan bisa hidup pada lingkungan kering, sehingga tumbuhan ini dapat hidup di cuaca yang sangat panas dan Kering, meskipun hanya memiliki sedikit Air.

Ciri - Ciri Tumbuhan Xerofit ini antara lain:

  • Memiliki lapisan permukaan tubuh yang digunakan untuk mengurangi penguapan air.

  • Daunya berbentuk Duri yang memiliki fungsi untuk mengurangi penguapan udara

  • Akar tumbuhan Xerofit ini sangat panjang yang bekerja untuk mencari air dalam tanah

  • Batangnya mengandung cadangan air yang banyak.

Beberapa contoh Xerofit antara lain: Lili Gurun, Kaktus, Lidah Buaya, Pohon Kurma, Setawar, Aloevera, dan juga Senseveria.


(Wina Prinda Hapsari) #3

Xerofit merupakan tumbuhan yang tumbuh di daerah kering dan kelembapan udara sangat rendah sehingga transpirasi sangat kecil. Tumbuhan tersebut membentuk suatu struktur anatomi yang khusus untuk dapat beradaptasi di daerah yang kering tersebut.

Sifat tumbuhan yang terkait dengan lingkungan kering disebut xeromorfi tetapi tidak semua tumbuhan yang
memiliki sifat xeromorfi tergolong tumbuhan xerofit, dan tidak semua tumbuhan xerofit memiliki sifat xeromorfi.

Salah satu ciri xerofit yang terpenting adalah rasio permukaan luas eksternal terhadap volumenya, yang bernilai kecil. Berkurangnya luas permukaan luar diiringi oleh mengecilnya ukuran sel, bertambah tebal dindingnya, bertambah rapat sistem jaringan pembuluh, bertambahnya jumlah jaringan tiang, sementara jaringan spons berkurang (Hidayat, 1995).

Daun Xerofit

Daun xeromorfi pada umumnya tertutupi oleh trikoma. Pada tumbuhan xerofit dengan daun sukulen memiliki jaringan penyimpan air yang lebih berkembang. Selain hal diatas, karakteristik pada daun xerofit yang lain adalah sedikitnya jumlah stomata, yang memungkinkan mengurangi proses pertukaran gas atau mengurangi transpirasi (penguapan).

Reduksi ukuran daun dan tebalnya lapisan kutikula juga merupakan salah satu bentuk karakteristik dari tumbuhan xerofit. Ukuran daun yang kecil dan tebal lapisan kutikula ini bertujuan untuk mengurangi penguapan dari kondisi kering yang dapat kapanpun mempercepat transpirasi pada daun tumbuhan tersebut (Fahn, 1990).

Air pada daun diangkut tidak hanya melalui berkas pembuluh dan peluasannya, melainkan juga oleh sel mesofil dan epidermis. Angkutan air yang menuju epidermis berlangsung lebih sering dalam jaringan tiang daripada lewat jaringan spons. Akan tetapi, adanya ruang antarsel, terutama di antara sel tiang, membatasi angkutan air. Volume ruang antarsel pada daun xerofit lebih kecil daripada volume pada daun mesofit, yakni daun tumbuhan yang tumbuh di tempat yang cukup airnya.

Penambahan permukaan internal mungkin disebabkan oleh peningkatan jumlah jaringan tiang. Mungkin hal itu merupakan alasan mengapa, di samping peningkatan aktivitas fotosintesis, kecepatan transpirasi pada xerofit mencapai nilai tinggi di waktu air cukup (Hidayat, 1995).