Apa yang dimaksud dengan Tugas perkembangan manusia?

Perkembangan manusia

Perkembangan manusia merupakan suatu proses sepanjang kehidupan dari pertumbuhan dan perubahan fisik, perilaku, kognitif, dan emosional. Sepanjang proses ini, tiap individu mengembangkan sikap dan nilai yang mengarahkan pilihan, hubungan, dan pengertian (understanding). Huberman, 2002

Apa yang dimaksud dengan Tugas perkembangan manusia ?

Tugas perkembangan adalah tugas-tugas yang harus diselesaikan individu pada fase-fase atau periode kehidupan tertentu; dan apabila berhasil mencapainya mereka akan berbahagia, tetapi sebaliknya apabila mereka gagal akan kecewa dan dicela orang tua atau masyarakat dan perkembangan selanjutnya juga akan mengalami kesulitan. Havighurst

Yang menjadi sumber dari pada tugas-tugas perkembangan tersebut menurut Havighurst adalah: Kematangan pisik, tuntutan masyarakat atau budaya dan nilai-nilai dan aspirasi individu. Pembagian tugas-tugas perkembangan untuk masing-masing fase dari sejak masa bayi sampai usia lanjut dikemukakan oleh Havighurst sebagai berikut:

  1. Masa bayi dan anak-anak

    • Belajar berjalan
    • Belajar mekan makanan padat
    • Belajar berbicara
    • Belajar mengendalikan pembuangan kotoran tubuh
    • Mencapai stabilitas fisiologik
    • Membentuk pengertian sederhana tentang realitas fisik dan sosial
    • Belajar kontak perasaan dengan orang tua, keluarga, dan orang lain
    • Belajar mengetahui mana yang benar dan yang salah serta mengembangkan kata hati
  2. Masa Anak Sekolah

    • Belajar ketangkasan fisik untuk bermain
    • Pembentukan sikap yang sehat terhadap diri sendiri sebagai organism yang sedang tumbuh
    • Belajar bergaul yang bersahabat dengan anak-anak sebaya
    • Belajar peranan jenis kelamin
    • Mengembangkan dasar-dasar kecakapan membaca, menulis, dan berhitung
    • Mengembangkan pengertian-pengertian yang diperlukan guna keperluan kehidupan sehari-hari
    • Mengembangkan kata hati moralitas dan skala nilai-nilai
    • Belajar membebaskan ketergantungan diri
    • Mengembangkan sikap sehat terhadap kelompok dan lembga-lembaga
  3. Masa Remaja

    • Menerima keadaan jasmaniah dan menggunakannya secara efektif
    • Menerima peranan sosial jenis kelamin sebagai pria/wanita
    • Menginginkan dan mencapai perilaku social yang bertanggung jawab social
    • Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya
    • Belajar bergaul dengan kelompok anak-anak wanita dan anak-anak laki-laki
    • Perkembangan skala nilai
    • Secara sadar mengembangkan gambaran dunia yang lebih adekwat
    • Persiapan mandiri secara ekonomi
    • Pemilihan dan latihan jabatan
    • Mempersiapkan perkawinan dan keluarga
  4. Masa Dewasa Awal

    • Mulai bekerja
    • Memilih pasangan hidup
    • Belajar hidup dengan suami/istri
    • Mulai membentuk keluarga
    • Mengasuh anak
    • Mengelola/mengemudikan rumah tangga
    • Menerima/mengambil tanggung jawab warga Negara
    • Menemukan kelompok sosial yang menyenangkan
  5. Masa Usia Madya/Masa Dewasa Madya

    • Menerima dan menyesuaikan diri terhadap perubahan fisik dan fisiologis
    • Menghubungkan diri sendiri dengan pasangan hidup sebagai individu
    • Membantu anak-anak remaja belajar menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan berbahagia
    • Mencapai dan mempertahankan prestasi yang memuaskan dalam karir pekerjaan
    • Mengembangkan kegiatan-kegiatan pengisi waktu senggang yang dewasa
    • Mencapai tanggung jawab sosial dan warga Negara secara penuh.

Robert J. Havighurst (1961) mengartikan tugas-tugas perkembangan itu merupakan suatu hal yang muncul pada periode tertentu dalam rentang kehidupan individu yang apabila berhasil dituntaskan akan membawa kebahagiaan dan kesuksesan ke tugas perkembangan selanjutnya tapi jika gagal akan menyebabkan ketidakbahagiaan pada individu yang bersangkutan dan kesulitan-kesulitan dalam menuntaskan tugas berikutnya.

Hurlock (1981) menyebut tugas-tugas perkembangan ini sebagai social expectations yang artinya setiap kelompok budaya mengharapkan anggotanya menguasai keterampilan tertentu yang penting dan memperoleh pola perilaku yang disetujui oleh berbagai usia sepanjang rentang kehidupan.

Faktor sumber munculnya tugas-tugas perkembangan :

  1. Adanya kematangan fisik tertentu pada fase perkembangan tertentu
  2. Tuntutan masyarakat secara kultural : membaca, menulis, berhitung, dan organisasi
  3. Tuntutan dari dorongan dan cita-cita individu sendiri (psikologis) yang sedang berkembang itu sendiri : memilih teman dan pekerjaan
  4. Tuntutan norma agama