© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan Tribalisme (Tribalism)?

tribalisme

Tribalisme muncul dalam bidang keanekaragaman bangsa dan hidup bersama. Tribalisme adalah mentalitas mengunggulkan suku atau kelompok sendiri.

Apa yang dimaksud dengan Tribalisme (Tribalism)?

2 Likes

Tribalisme merupakan bentuk pemerintahan yang paling awal, biasanya berupa pemerintahan gabungan dari beberapa suku yang ada di masyarakat. Bentuknya adalah :

  • Tribalisme Despotik, pemimpin diperoleh dari peperangan beberapa suku. Suku yang menang akan menjabat sebagai pemimpin. Pemimpin biasanya merangkap sebagai dukun atau pemuka agama dan tidak bertanggung jawab pada siapapun. Pemimpin biasanya memerintah sampai mati.

  • Tribalisme Demokratik. Suku-suku berembuk untuk memilih pemimpin dari kepala suku yang akan menjabat sampai mati. Contoh Uni Emirat Arab.

Selain itu, terdapat istilah tribalisme lainnya, yaitu tribalisme purba dan tribalisme modern (neo-tribalism)

"Tribalisme purba" ditandai oleh sukuisme dan rasa keprimitifan, sehingga berkarakter nomaden. Berkisar pada perebutan lahan pangan (sumber makanan), militansinya jangka pendek. Dan digerakan oleh rulling class (kepala suku) serta dibangun berdasarkan sentimen non intelektual.

Sedangkan tribalisme modern (neo tribalism) dibangun berdasarkan perebutan lahan sumber daya alam (SDA), militansinya berlaku jangka panjang, menggunakan bermacam media (baik koran, televisi, maupun radio), digerakan oleh kelas menengah, dan dikelola berdasarkan sikap intelektual yang tinggi.

1 Like