Apa yang dimaksud dengan total body irradiation?

Dalam fisika medis dikenal istilah total body irradiation. Bagaimana penjelasan dari istilah tersebut?

Total Body Irradiation (TBI), adalah metode khusus dalam radioterapi yang digunakan untuk terapi pada penyakit sistemik (metastasis luas).

Perlakuan TBI pada kasus penyakit-penyakit sistemik dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Harus dilakukan TBI
    Perlakuan TBI harus dilakukan untuk berbagai jenis leukimia dan sindrom myelodyplastic (MDS)

  2. TBI bersifat opsional
    TBI hanya bersifat opsional untuk berbagai tumor pada anak, neuroblastoma, dan ewing sarcomas

  3. TBI sebagai clinical test
    TBI hanya sebagai clinical test pada kasus maligant lymphoma, morbus Hodgkin’s disease (MHD), atau non-Hodgkin’s lymphoma

Sesuai dengan kategori yang lebih spesifik, perlakuan terapi TBI dibagi menjadi empat kategori, yaitu TBI dosis tinggi, TBI dosis rendah, half body irradiation, dan total body irradiation.

Pada TBI dosis tinggi diberikan dosis tunggal pada 6 fraksi, dimana tiap fraksinasi, dosis yang diberikan sebesar 200 cGy. Untuk TBI dosis rendah diberikan 10-15 fraksi dengan dosis masing-masing fraksi sebesar 10-15 cGy. Untuk half-body irradiation, pasien diberikan dosis 8Gy pada bagian atas dan bawah secara terpisah pada tiap fraksinya. Sedangkan untuk total nodal irradiation diberikan dengan dosis sebesar 40 Gy yang terbagi dalam 20 fraksi (Podgorsack, 2003)

Pustaka

Podgorsack, Ervin B. (2003) Review of Radiation Oncology Physics : A Handbook for Teachers and Students. International Atomic Energy Agency, Vienna, Austria.