Apa yang dimaksud dengan Total Benefit of Ownership TBO?

Apa itu Total Benefit of Ownership (TBO), dan apa pentingnya TBO pada langkah-langkah pengembangan Business Case ?

Total Benefit of Ownership (TBO) adalah perhitungan / estimasi berapa besar nilai nilai akuisisi yang memiliki efek positif dalam suatu bisnis. Biasanya digunakan untuk menentukan potensial ROI (Return Of Investment). Juga dapat membantu mengidentifikasi area area penting yang harus diperhatukan lebih dalam suatu bisnis.

Dalam langkah langkah perkembangan kasus bisnis, TBO perlu didefinisikan, yang beguna untuk menganalisis berbagai macam manfaat dari proyek seperti,

  • meningkatkan akurasi dan efisiensi
    contohnya dengan teknologi proses komunikasi menjadi lebih cepat dan efisien

  • memperbaiki pengambilan keputusan
    contohnya dengan adanya informasi yang akurat dan tepat waktu

  • memperbaiki pelayanan pelanggan
    contohnya dengan teknologi proses penyampaian keluhan menjadi lebih cepat dan tepat sasaran

  • meningkatkan pekerjaan dengan value yang lebih tinggi
    contohnya penggunaan teknologi pengolahan data menggunakan komputer untuk menghasilkan suatu informasi yang penting

Referensi

Definisi TBO
Total Benefit of Ownership (TBO) adalah perhitungan berapa nilai sebuah akuisisi yang dibawa ke bisnis. TBO adalah pengembalian moneter kuantitatif dan kualitatif dari mengakuisisi aset dan atau personil, mengoperasikan bangunan atau pengeluaran bisnis lainnya. Manfaat TBO adalah perbaikan atas ‘bisnis seperti biasa’, atau bagaimana perusahaan akan melakukan tanpa investasi atau akuisisi. Manfaat TBO pada produk meliputi peningkatan produktivitas; pengembangan produk yang lebih gesit dan cepat; biaya fasilitas dan logistic yang lebih rendah; dan perbaikan terukur lainnya untuk operasional. Beberapa keuntungan tangible, seperti memperendah kesempatan adanya Security breach atau meningkatkan kepuasan rata-rata pelanggan dengan transaksinya.

Dalam contoh yang sederhana, pembuat widget menghabiskan $ 100.000 untuk memasang server transaksional yang aman dan $ 90.000 per tahun untuk administrator yang mendukungnya. Perusahaan menyadari keuntungan tambahan sebesar $ 30.000 setiap tahunnya karena proses pembelian online yang lebih mudah bagi pelanggan. Inilah manfaat kuantitatif dari akuisisi server. Perusahaan juga dapat melacak minat pelanggan terhadap produk yang berbeda berkat pemesanan online, dan menggunakan informasi ini untuk mengarahkan pengembangan widget generasi berikutnya. Ini adalah benefit of ownership kualitatif yang dapat ditentukan pada nilai moneter dalam penilaian TBO.

Pentingnya TBO pada Langkah pengembangan Business Case

Pada langkah pengembangan Business Case, TBO terdapat pada langkah ke enam, sesudah tahap Total Cost of Ownership). TBO digunakan sebagai penyeimbang terhadap total cost of ownership (TCO), untuk menentukan ROI yang berpotensial. Sementara TCO menjumlahkan apa yang dikeluarkan atau apa yang akan dikeluarkan perusahaan dalam skenario tertentu, TBO akan menjumlahkan keuntungan perusahaan yang bisa dilihat atau yang akan terlihat dari membuat investasi. Pembuat keputusan perusahaan sering menggunakan kedua metode tersebut untuk memperkirakan nilai sebenarnya dari investasi atau usaha strategis.

Dengan TBO ini kita bisa mengidentifikasi nilai keuntungan jangka pendek dan jangka panjang dari proposisi. Analisis ini tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk mengurangi biaya, tapi juga sebagai cara untuk merencanakan bisnis di masa yang akan datang, dengan cara yang lebih rinci dan canggih. Sebagai contoh, perusahaan sedang mempertimbangkan apakah akan berinvestasi dalam proyek jangka panjang, seperti infrastruktur. TBO akan mempertimbangkan apakah keuntungan jangka panjang mungkin lebih besar daripada keuntungan jangka pendek dari biaya kesempatan; apakah uang yang dibelanjakan untuk investasi mungkin memiliki tujuan alternatif yang lebih baik, yaitu menggunakan anggaran untuk memperbaiki skema pelatihan bagi pekerja.

“Keputusan pengadaan tidak bisa tergantung semata-mata atas harga perolehan awal. Dengan TBO dan TCO, bisnis dapat melindungi terhadap investasi yang underperformed atau yang sia-sia dan memperbaiki operasi. Namun, penilaian bukanlah ilmu pasti, dan manfaat yang dirasakan bisa membuat analisis yang berlebihan.”

Referensi


Pengertian TBO

Total Benefit of Ownership adalah estimasi atau prediksi seberapa besar nilai keuntungan yang dapat diambil dalam mengakusisi sebuah perencanaan bisnis.

Secara finansial TBO ditujukan untuk membantu mengidentifikasi keuntungan baik secara langsung maupun tidak langsung dari sebuah sistem atau produk. Penggunaan TBO dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kedalam sebuah bisnis. Karena dalam TBO sendiri, tidak hanya memikirkan tentang benefit jangka pendek yang dapat diterima oleh perusahaan tetapi juga benefit jangka panjang yang jauh lebih menguntungkan. Berbeda dengan Total Cost of Ownership (TCO) yang memprediksi pengeluaran untuk sebuah perencanaan, TBO memprediksi keuntungan apa saja yang akan didapat.

Mengapa TBO itu penting?

Pentingnya adalah untuk menyeimbangkan perhitungan pengeluaran yang ada pada TCO sehingga kita mendapatkan ROI yang maksimal. Contohnya saja akuisisi perencanaan hanya dengan TCO memprediksi untuk keuntungan jangka pendek dengan memaksimalkan harga tentu akan memiliki respon yang berbeda dengan keuntungan jangka panjang dengan memberikan harga sesuai dengan pelayanan atau produk yang ditawarkan. Tentunya pada akhirnya mungkin akan mencapai keuntungan yang sama, tetapi keuntungan jangka panjang akan memberikan kepercayaan pelanggan terhadap produk atau layanan yang diberikan. Begitu pula sebaliknya, kepercayaan pelanggan akan berkurang sedikit demi sedikit dan menyebabkan hilangnya pelanggan.


TBO

Merupakan akronim dari Total Benefit of Ownership. Sebuah istilah yang menunjukkan total nilai keuntungan yang telah diakuisisi dari suatu project atau perusahaan. Keuntungan yang dimaksud disini bisa berupa keuntungan secara langsung, tidak langsung, atau yang sedang terjadi yang bisa muncul karena disebabkan oleh peningkatan servis kepada customer, peningkatan decision making, peningkatan efisiensi dan efektifitas proses bisnis, dll. TBO biasa digunakan untuk menentukan potensial ROI (sebagai penyeimbang TCO)

Pentingnya TBO bagi Business Case

Karena TBO bisa mengidentifikasi nilai keuntungan apa saja yang terkait dengan project atau perusahaan tersebut. Sehingga dalam jangka pendek bisa membuat perusahaan lebih fokus pada area area penting yang lebih harus ditingkatkan dan dalam jangka panjangnya bisa menyediakan suggestion dan atau recommendation untuk project yang sedag dikerjakan atau project-project baru kedepannya

sumber :
http://cursa.ihmc.us/rid=1NG5NBTLM-1063XNW-2LN1/TBO%20and%20TCO.cmap