Apa yang Dimaksud dengan Tes Asosiasi Implisit atau "Implicit Association Test"?

Tes Asosiasi Implisit atau “Implicit Association Test” (IAT) adalah ukuran tidak langsung dari pikiran dan perasaan. Ini mengukur kecepatan dan akurasi dalam tindakan mengasosiasikan konsep (misalnya, lansia) ke atribut (misalnya, lambat) untuk menyimpulkan kekuatan asosiasi antara keduanya.

Dari pengukuran seperti itu, ia memprediksi keberadaan kognisi sosial tak sadar - pikiran dan perasaan yang belum tentu dapat diakses oleh kesadaran atau kendali sadar.

Penerapan metodologi IAT sangat luas, mulai dari pemasaran hingga psikologi klinis. Penerapannya yang paling luas berada dalam domain diskriminasi dengan hasil khasnya adalah adanya bias terhadap kelompok sosial ketika tidak ada atau bias minimal yang diekspresikan pada ukuran laporan pribadi. IAT dapat menghasilkan efek yang relatif besar, menunjukkan disosiasi dari kognisi sadar, terlihat pada anak-anak semuda usia 5 tahun, memprediksi perilaku konsekuensial, dan menunjukkan kognisi sosial yang mendasari menjadi sangat lunak.

Lihat https://implicit.harvard.edu dan http://projectimplicit.net/ untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan mencoba IAT secara pribadi.

Sumber : David Matsumoto, The Cambridge Dictionary of Psychology