Apa yang dimaksud dengan Teori Waktu Interdisipliner Fraisser Atau Fraisser's Time Interdisipliner Theory?

Filsuf Amerika dan cendekiawan independen Julius Thomas Fraser (1923) adalah tokoh kontemporer terkemuka dalam studi interdisipliner waktu, dan kontribusi teoretis aslinya untuk studi waktu adalah gagasan bahwa seseorang harus meninggalkan pencarian untuk “jam terakhir” dan, sebagai gantinya , mulailah mengkonseptualisasikan waktu sebagai hierarki temporalitas yang berbeda, tetapi sangat terkait. Sementara waktu telah dipahami, biasanya, sebagai agen perubahan (yaitu, waktu adalah apa yang diukur oleh jam), Fraser berpendapat bahwa waktu itu sendiri adalah dinamis.

Fraser menegaskan bahwa model “yang benar” untuk waktu adalah model hierarki evolusioner yang terdiri dari temporalitas yang semakin kompleks di mana fokus perhatian melampaui dialektika sederhana antara waktu subjektif manusia dan waktu publik yang terkuantifikasi (seperti yang ditunjukkan dalam teori waktu sebelumnya dari Henri Bergson, Edmund Hussert, dan Marcel Proust yang menekankan “aliran” dan “pusaran” kesadaran waktu internal tanpa mengacu pada bentuk temporalitas lain).

Pada dasarnya, Fraser menawarkan teori waktu hierarkis lima tingkat, dan kausalitas terkait, dengan fokus pada tingkat berikut: tidak ada temporalitas (intensionalitas noetik); biotemporal (realitas temporal atau “nowness” organisme hidup), eotemporal (waktu alam semesta materi berskala besar; fisikawan “t”); prototemporal (waktu objek dasar seperti foton dan quark); dan atemporal (waktu “lubang hitam” tanpa mode kausalitas). Fraser (1978) juga membahas pengertian “kronon” sebagai “atom” dasar waktu, termasuk konsep teoritis kronon fisik, fisiologis, dan perseptual.

Lihat juga: TIME, THEORIES OF.

Sumber :
  • J.E. Roeckelein, 2006, Elseviers’s Dictionary of Psychological Theories, Elsevier B.V.*
Referensi :
  • Fraser, J. T. (Ed.) (1966). The voices of time . New York: Braziller.

  • Fraser, J. T. (1975). Of time, passion, and knowledge . Princeton, NJ: Princeton University Press.

  • Fraser, J. T. (1978). Time as Conflict: A scientific and humanistic study . Basel, Switzerland: Birkhauser Verlag.

  • Fraser, J. T. (1989). Time and mind: Interdisciplinary issues. The study of time,

  • VI . Madison, CT: International Universities Press.

  • Soulsby, M. P., & Fraser, J. T. (Eds.) (2000). Time: Perspectives at the millennium. The study of time, X . West- port, CT: Bergin & Garvey.