Apa yang dimaksud dengan Teori Struktur Peristiwa Allport (Allport's Theory of Enestruence)?

Teori struktur peristiwa atau disebut juga teori struktur peristiwa Allport merupakan teori persepsi yang dikembangkan oleh Floyd Henry Allport (1890-1978), yang banyak dianggap sebagai bapak psikologi sosial eksperimental, terdiri dari geometri kinetik (“kinematika”) dari penutupan diri rangkaian peristiwa yang sedang berlangsung dan konsep probabilitas asosiatif dari energi (yaitu, peristiwa) yang terlibat dalam struktur tertutup diri dan keterkaitannya. Seperti yang mungkin dirasakan di sini, sifat programatik dari teori yang agak menarik ini dinyatakan dalam istilah yang agak abstrak. Ini karena model dimaksudkan untuk diterapkan pada banyak fenomena berbeda pada berbagai tingkat analisis.

Model teoritis Allport tentang struktur peristiwa mencoba untuk menempatkan hukum alam di bawah dua judul: prinsip formal alam dalam istilah selain “kuantitatif” dan prinsip “perusahaan” dari banyak fenomena perseptual dan sosial. Jika teori itu benar, kata Allport (1955), "alam bukanlah mesin, organisme juga tidak dikendalikan oleh hukum kuantitatif atau mekanik ia teori dikemukakan hanya sebagai salah satu cara untuk melihat masalah struktur, satu upaya untuk memahami misteri bentuk dan kesatuan alam yang sejauh ini tidak tersentuh oleh sains.

Teori Enestruence Allport berpendapat bahwa struktur sosial tidak memiliki dasar fisik atau anatomis tetapi terdiri dari siklus peristiwa yang “melingkar” dan kembali dengan sendirinya untuk menyelesaikan dan mempertahankan siklus tersebut. Bagi banyak psikolog, teori struktur peristiwa yang dirumuskan oleh Allport tampaknya menjadi resep yang agak ambisius untuk sintesis dan konsolidasi teori persepsi dan perilaku sosial lainnya ke dalam sistem pemersatu dan kohesif.

Sumber

Roeckelein, J. E. (2006). Elsevier’s Dictionary Of Psychological Theories . Amsterdam: Elsevier B.V.