Apa yang dimaksud dengan Teori Skrip Berne (Berne's Script Theory)?

Teori skrip Berne merupakan teori analisis transaksional. yang dicetuskan oleh psikolog / psikiater Amerika kelahiran Kanada Eric L.Bern (1910-1970) yang merumuskan teori naskahnya tentang perkembangan kepribadian (ego) dan hubungan antar individu (lih., Konsep gaya hidup A. Adler), yang menyatakan bahwa setiap orang menciptakan skrip kehidupan di awal kehidupan sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan seseorang, dan biasanya dilakukan tanpa disadari.

Teori Berne mengasumsikan bahwa individu mengembangkan salah satu dari empat posisi kehidupan: “Saya baik-baik saja, Anda baik-baik saja”, “Saya baik-baik saja, Anda tidak baik-baik saja,” “Saya tidak baik-baik saja, Anda baik-baik saja , ”Dan“ Saya tidak baik-baik saja, Anda tidak baik-baik saja, ”dan orang-orang terlibat dalam permainan untuk memainkan skrip kehidupan mereka untuk mendapatkan“ pukulan ”(yaitu, perhatian dan waktu orang lain).

Posisi hidup “Saya tidak baik-baik saja, Anda baik-baik saja” (atau naskah kehidupan “tendang saya”) menunjukkan orang maladaptif yang kemungkinan besar menderita depresi. Memperlakukan individu yang tidak dapat menyesuaikan diri melibatkan penjelasan tentang peran (“permainan”) yang dimainkan orang dan bagaimana mereka memperlakukan orang lain dalam peran tersebut, dan di mana transaksi interpersonal (analisis transaksional) dianalisis mengenai orang tua (P), orang dewasa (A), dan anak ( C) peran.

Menurut pendekatan yang pernah populer ini, ketika peran PAC seseorang diposisikan berlawanan dengan peran PAC orang lain, dan garis komunikasi atau interaksi di antara mereka disilangkan, transaksi dianggap tidak sehat. Di sisi lain, ketika jalur komunikasi antara dua set peran PAC yang selaras sejajar, transaksi antarpribadi dianggap sehat.

Contoh transaksi yang tidak sehat adalah kepribadian A pasien (atau “keadaan ego”) yang mengatakan kepada kepribadian A perawat: “Menurut saya bekerja di rumah sakit akan menantang,” tetapi meminta kepribadian P perawat membalas kepribadian C pasien dengan mengatakan, “Anda sakit karena Anda tidak dapat mengatasi masalah Anda” (persimpangan silang dari P ke C, melintasi jalur komunikasi A ke A). Teori Berne dan konsep PAC mengandung kemiripan yang jelas dengan konsep teori kepribadian tri-partit Sigmund Freud tentang id, ego, dan superego, sebuah tuduhan yang ditolak Berne.

Sumber

Roeckelein, J. E. (2006). Elsevier’s Dictionary Of Psychological Theories . Amsterdam: Elsevier B.V.