Apa yang dimaksud dengan Teori Proses Bertentangan atau Opponent-Process Theory ?

kerja

(Amalia Laisa) #1

Opponent-Process Theory

Menurut Opponent-Process Theory, rasa puas atau tidak puas seseorang atau individu sangat ditentukan sejauhmana penghayatan emosional orang tersebut terhadap situasi dan kondisi yang dihadapi. Bila situasi dan kondisi yang dihadapi dapat memberikan keseimbangan emosionalnya, maka orang tersebut akan merasa puas. Sebaliknya bila situasi dan kondisi yang dihadapi menimbulkan ketidakstabilan emosinya, maka orang tersebut akan merasa tidak puas.

Apa yang dimaksud dengan Opponent-Process Theory ?


Apa yang dimaksud dengan kepuasan kerja ?
(Dina) #2

Teori Proses Bertentangan (Opponent-Process Theory) memandang kepuasan kerja dari perspektif yang berbeda secara mendasar daripada pendekatan yang lain. Teori ini menekankan bahwa orang ingin mempertahankan suatu keseimbangan emosional (emotional equilibrium).

Teori proses bertentangan mengasumsikan bahwa kondisi emosional yang ekstrim tidak memberikan kemaslahatan. Kepuasan kerja atau ketidakpuasan kerja (dengan emosi yang berhubungan) memacu mekanisme fisiologikal dalam sistem pusat saraf yang membuat aktif emosi yang bertentangan atau berlawanan. Dihipotesiskan bahwa emosi yang berlawanan, meskipun lebih lemah dari emosi yang asli akan terus ada dalam jangka waktu yang lebih lama.

Teori ini menyatakan bahwa jika orang memperoleh ganjaran pada pekerjaan mereka, maka mereka akan merasa senang sekaligus juga ada rasa tidak senang (yang lebih lama). Setelah beberapa saat rasa senang akan menurun sedemikian rupa sehingga orang merasa agak sedih sebelum kembali ke normal.