Apa yang dimaksud dengan Teori Permintaan Konsumen dengan Analisis Kurva Kepuasan Sama?

Teori permintaan menerangkan tentang ciri hubungan antara jumlah permintaan dan harga.

Apa yang dimaksud dengan Teori Permintaan Konsumen dengan Analisis Kurva Kepuasan Sama (indiference curve)?

Kurva indiferensi atau indiference curve adalah kurva yang menunjukkan berbagai kombinasi dua macam barang yang memberikan tingkat kepuasan yang sama bagi konsumen. Suatu kurva indiferensi atau sekumpulan kurva indiferensi, dihadapi oleh hanya seorang yang konsumen.

Misalkan Industri sebagai konsumen mengkombinasikan konsumsi listrik yang dihasilkan oleh PLN dengan konsumsi listrik dari genset.

image
Gambar Kurva Indiferensi

dimana:
U = tingkat kepuasan
X = konsumsi listrik PLN
Y = Konsumsi listrik dari genset

Asumsi-asumsi Kurva Indeferensi

  1. Semakin jauh kurva indiferensi dari titik origin, semakin tinggi tingkat kepuasannya.
    Asumsi ini penting agar asumsi bahwa konsumen dapat membandingkan pilihannya terpenuhi. Kumpulan kurva indiferensi (dinamakan peta indiferensi atau indifference map) hanya mengatakan bahwa makin ke kanan atas, tingkat kepuasannya makin tinggi. Tetapi tidak mengatakan berapa kali lipat.

    Misalnya, walaupun IC3 jaraknya terhadap titik (0,0) adalah tiga kali IC1, tidak berarti tingkat kepuasan yang diberikan IC3 adalah tiga kali lipat IC1. Yang dapat dikatakan adalah IC3 memberi tingkat kepuasan yang lebih besar dari IC1.(Gambar Himpunan Kurva Indiverensi)

    image
    Gambar Himpunan Kurva Indiverensi

  2. Kurva indeferensi menurun dari kiri atas ke kanan bawah (downward sloping), dan cembung ke titik origin (convex to origin)
    Semakin jauh kurva indiferensi dari titik origin, semakin tinggi tingkat kepuasannya.
    Asumsi ini menggambarkan adanya kelangkaan. Bila suatu barang makin langka, harganya makin mahal. Hal ini dijelaskan dalam konsep Marginal Rate of Subtitution (MRSyx) yaitu berapa banyak baranga Y yang harus dikorbankan untuk menambah 1 unit barang X demi menjaga tingkat kepuasan yang sama. Berdasarkan hukum LDMU, jumlah Y yang ingin dikorbankan makin kecil pada saat jumlahnya makin sedikit (langka).Kurva indiferensi yang cembung kea rah titik origin menjelaskan kadar penggantian marjinal. Tingkat penggantian marjinal menggambarkan besarnya pengorbanan atau konsumsi suatu barang lainnya dengan tetap mempertahankan kepuasan yang diperoleh.

    image
    Gambar Marginal Rate of Subtitution (MRS)

  3. Kurva indeferensi tidak saling berpotongan