Apa yang dimaksud dengan Teori Pengharapan Rasional?

Teori Pengharapan Rasional

Apa yang dimaksud dengan Teori Pengharapan Rasional?

Teori pengharapan rasional dikemukakan oleh John Muth, teori ini menyatakan bahwa pengharapan akan sama dengan proyeksi yang optimal (tebakan terbaik mengenai masa depan) dengan menggunakan semua informasi yang tersedia. Sehingga menurut teori inipemilik informasi yang paling lengkap adalah mereka yang akan menang dalam kompetisi di pasar modal karena dengan kepemilikan semua informasi yang ada mereka mampu secara otomatis merealisasikan harapan merekaakan masa depan dari saham tersebut.

Walaupun pengharapan rasional sama dengan perkiraan optimal menggunakan semua informasi yang tersedia, prediksi yang mendasarkan hal tersebut mungkin tidak selamanya akan akurat. Mishkin menguraikan alasan mengapa pengharapan bisa tidak menjadi rasional:

  • Orang-orang mungkin menyadari adanya semua informasi dibutuhkan untuk membuat kemungkinan perkiraan yang terbaik tetapi untuk mendapatakan informasi tersebut membutuhkan banyak usaha.
  • Orang-orang mungkin tidak menyadari tersedianya beberapa informasi relevan, sehingga perkiraan mereka mengenai masa yang akan datang menjadi tidak akurat.
  • Orang akan berusaha agar harapannya sesuai dengan tebakan terbaiknya atas masa yang akan datang dengan menggunakan semua informasi yang tersedia agar tidak mengalami kerugian.