Apa yang dimaksud dengan Teori Pencarian Rasional atau Theory of Rational Search?

Teori Pencarian Rasional

Teori Pencarian Rasional berbeda dengan Teori Pilihan Rasional. Apa yang dimaksud dengan Teori Pencarian Rasional atau Theory of Rational Search?

Teori pencarian rasional mengasumsikan bahwa terdapat beberapa alternatif investasi, dimana masing-masing alternatif tersebut ditandai oleh distribusi probabilitas yang berkaitan dengan pengembalian (Radner & Rothschild, 1975; Hey, 1982).

Distribusi probabilitas ini pada awalnya tidak diketahui; di mana distribusi probabilitas alternatif yang terkait dengan eksplorasi biasanya tidak stabil dan tergantung pada faktor lingkungan yang tidak terkendali; distribusi probabilitas eksploitasi lebih stabil dan terkendali.

Dengan kata lain, pada teori pencarian rasional, diasumsikan bahwa terdapat beberapa peluang alternatif investasi, masing-masing alternatif ditandai oleh distribusi probabilitas atas pengembalian yang awalnya tidak diketahui.

Informasi tentang distribusi diakumulasi dari waktu ke waktu, tetapi pilihan harus dibuat, antara :

  • Mendapatkan informasi baru tentang alternatif dan dengan demikian meningkatkan pengembalian di masa depan (yang menyarankan mengalokasikan bagian dari investasi untuk mencari di antara alternatif yang tidak pasti),

  • Menggunakan informasi yang saat ini tersedia untuk meningkatkan pengembalian saat ini (yang menunjukkan konsentrasi investasi pada alternatif yang tampaknya terbaik).

Dengan demikian, perhitungan rasional sering menyarankan untuk melakukan pemusatan investasi pada eksploitasi kepastian yang ada dengan hasil jangka pendek (Maret, 1991).