Apa yang dimaksud dengan Teori Manajemen Makna Terkoordinasi atau Coordinated Management Meaning?

Untuk memahami apa yang terjadi dalam sebuah percakapan, Barnett Pearc dan Vernon Cronen membentuk teori Manajemen Makna Terkoordinasi. Bagi mereka, orang berkomunikasi berdasarkan aturan dan bahwa aturan tidak hanya membantu kita dalam berkomunikasi dengan orang lain, melainkan juga dalam menginterpretasikan apa yang dikomunikasikan orang lain kepada kita.

Apa yang dimaksud dengan Teori Manajemen Makna Terkoordinasi atau Coordinated Management Meaning ?

TEORI MANAJEMEN MAKNA TERKOORDINASI

Teori Coordinated Management of Meaning (CMM) yaitu manusia menggunakan aturan untuk berkomunikasi dan menginterpretasikan apa yang dikomunikasikan orang lain kepada kita. Cara individu dalam menghadapi komunikasi yaitu dengan memberikan pemaknaan terhadap situasi komunikasi dan terhadap pesan yang dikirimkan oleh orang lain dan individu memutuskan bagaimana cara bereaksi atau bertindak terhadap situasi tersebut. Individu tidak hanya sekedar melakukan pemaknaan dan berkata, individu juga harus melakukan koordinasi atas tindakan nya terhadap orang lain melalui proses interaksi.

ASUMSI CMM

  • Manusia hidup dalam komunikasi : manusia akan selalu berada dalam kegiatan komunikasi. setiap individu menciptakan realita percakapan , setiap interaksi berpotensi meiliki interaksi yang berbeda-beda.

  • Manusia menciptakan realitas sosial : Disebut juga sebagai konstruksionisme sosial ( kepercayaan bahwa orang-orang saling menciptakan realitas sosial mereka dalam percakapan). Manusia mengkonstruk ekspresi emosi dan merujuk pada dunia disekeliling mereka melalui proses komunikasi.

  • Transaksi informasi bergantung pada makna pribadi dan interpersonal : Personal Meanin (didapat ketika individu membawa pengalaman dalam interaksi), dan Interpersonal Meaning (didapat ketika tercapainya kesepakatan inyterpretasi antara 2 orang yang berkomunikasi).

HIRARKI MAKNA TERORGANISIR

  • Content : Informasi baru dikonversikan menjadi makna tertentu
  • Speech Act : Tindakan-tindakan yang kita lakukan dengan berbicara
  • Episodes : Rutinitas dalam komunikasi yaitu awal, tengah, dan akhir
  • Relationship : Potensi dan batasan seseorang dalam suatu hubungan
  • Life Scripts : Keseluruhan dari pengalaman yang dilalui seseorang termasuk masa kini dan masa lalu yang berpengaruh ketika seseorang berkomunikasi dengan orang lain.
  • Cultural Patterns : Identifikasi diri dengan kelompok dan budaya.

KOORDINASI MAKNA

  • Loop :

    1. Charmed loop : masing -masing hirarki mendukung tiap level dan adanya kesepakatan makna.

    2. Strange Loop : ada ketidak konsistenan dengan level - level yang lebih tinggi didalam hirarki yang ada.

  • Coordination : usaha orang - orang yang terlibat dalam percakapan untuk memaknai pesan yang berurutan dalam percakapan mereka (mencapai, tidak mencapai koordinasi)

    Coordination dipengaruhi oleh :

    1. Moralitas : Moralitas terdiri dari etika karena etika merupakan bagian yang intrinsik dalam setiap alur percakapan.

    2. Resources : cerita, gambar, simbol dan institusi yang digunakan orang untuk memaknai dunia masing - masing individu.

  • Rules & unwanted repetitive patterns : konflik yang berurutan dan terjadi berulang kali yang sering kali tidak diinginkan terjadi oleh individu.