Apa yang dimaksud dengan Teori Grafologi atau Theory of Graphology?

Hubungan teoretis antara ciri-ciri tulisan tangan dan kepribadian atau karakternya telah dipelajari secara ekstensif di zaman modern oleh kepala biara Prancis Jean Hippolyte Michon (1806-1881) dan oleh filsuf / psikolog Jerman Ludwig Klages (1872-1956).

Berdasarkan analisis karakteristik dan variabel dalam tulisan tangan pribadi - seperti modulasi dalam ukuran huruf, tata letak, keterhubungan, kemiringan, keteraturan, kecepatan, bentuk, bayangan, dan sudut - ahli grafologi (mereka yang menganalisis fitur fisik dan pola tulisan tangan dan yang merumuskan teori grafologi) telah berspekulasi tentang sifat seseorang , kualitas, dan atribut. Beberapa ahli grafologi menggunakan pendekatan “analitik”, di mana aspek tulisan tangan yang relatif terisolasi (misalnya, kelengkungan, sudut, lebar, kemiringan huruf individu) dianggap sebagai indikator ciri kepribadian tertentu dari penulis.

Ahli grafologi lain menegaskan bahwa karakteristik kepribadian hanya tercermin oleh “pola” elemen terisolasi dari naskah penulis. Upaya ilmiah untuk menghubungkan sejumlah variabel seperti tulisan tangan dengan ukuran / skor objektif pada inventaris dan tes kepribadian, bagaimanapun, hanya menghasilkan korelasi dan kesimpulan yang lemah dan tidak stabil.

Mungkin, adil untuk mengatakan bahwa sebagian besar ilmuwan umumnya menganggap grafologi sebagai “pseudosains” dan, dalam psikologi, khususnya, itu termasuk dalam bidang yang disebut pseudo-psikologi yang mencakup bidang penyelidikan “yang dicurigai secara ilmiah” lainnya, seperti astrologi , numerologi, preferensi warna, frenologi, fisiognomi, seni ramal tapak tangan, “bacaan dingin”, parapsikologi, demonologi / sihir, dan beberapa orientasi terhadap analisis mimpi. Ternyata, nilai teori grafologi dan validitas analisis grafologi / tulisan tangan bergantung pada penguji dan bukan pada prosedur itu sendiri.

Lihat: ASTROLOGY, THEORY OF; BARNUM EFFECT; PERSONALITY THEORIES; PSEUDOSCIENTIFIC/UNCONVENTIONAL THEORIES.

Sumber:

Roeckelein, J. E. (2006). Elsevier’s Dictionary Of Psychological Theories. Amsterdam: Elsevier B.V.

Referensi:
  • Michon, J. H. (1875/1944). Systeme de graphologie . Paris: Payot.

  • Klages, L. (1910). Die principien der charakterologie. Leipzig: Barth.

  • Klages, L. (1916). Handschrift und charkter . Leipzig: Barth.