Apa yang Dimaksud dengan Teori Geografi Ekonomi Baru (New Economic Geography)?

image

Apa yang Dimaksud dengan Teori Geografi Ekonomi Baru (New Economic Geography)?

Walter Christaller (21 April 1893- Maret 9, 1969), adalah seorang ahli geografi Jerman yang memberikan kontribusi utama untuk disiplin adalah teori pusat pertumbuhan (Central Place Theory), pertama kali diterbitkan pada tahun 1933. Teori terobosan ini adalah dasar dari studi kota sebagai sistem kota, daripada hirarki sederhana atau entitas tunggal.

Salah satu sumbangan yang paling penting teori neo klasik adalah pengenalan terhadap keuntungan-keuntungan aglomerasi (Preer, 1992:34). Pelopor teori neo klasik mengajukan argumentasi bahwa aglomerasi muncul dari perilaku para pelaku ekonomi dalam mencari penghematan aglomerasi, baik penghematan lokalisasi maupun urbanisasi.

Argumen Dasar


Argumen dasar Teori Geografi Ekonomi Baru menekankan pada pentingnya hasil yang meningkat, skala ekonomi, dan persaingan yang tidak sempurna.Pelopor Teori Geografi Ekonomi Baru percaya bahwa ketiga hal itu jauh lebih penting dari pada hasil skala yang konstan, persaingan sempurna dan keunggulan komperatif dalam menjelaskan perdagangan dan ketimpangan distribusi kegiatan ekonomi.

Tiga Alasan Perhatian Pada Geografi Ekonomi


  • Lokasi kegiatan ekonomi dalam suatu negara merupakan topik yang penting dengan sendirinya.

  • Garis antara ilmu ekonomi internasional dengan ilmu ekonomi regional menjadi semakin kabur.

  • Alasan yang paling penting untuk melihat kembali geografi ekonomi adalah laboratorium intelektual dan empiris yang disediakannya.

Kelemahan Teori Geografi Ekonomi Baru.


  1. Lokasi kegiatan ekonomi dalam suatu negara.

  2. Garis antara ilmu ekonomi internasional dengan ilmu ekonomi regional menjadi semakin kabur.

  3. Alasan yang paling penting adalah melihat kembali laboratorium intelektual dan empiris yang disediakannya.