Apa yang dimaksud dengan Teori Fit pada Kepuasan Perguruan Tinggi?

image

Sejumlah studi dalam psikologi pendidikan telah menilai apakah tingkat “fit” antara karakteristik siswa dan variabel lingkungan perguruan tinggi memprediksi kepuasan perguruan tinggi.

Hasil yang mendukung teori fit kepuasan perguruan tinggi meliputi aspek-aspek berikut:

  • Tingkat kepuasan perguruan tinggi berhubungan langsung dengan derajat kesesuaian antara orientasi mahasiswa dan atribut perguruan tinggi;

  • Persepsi siswa tentang tingkat kesesuaian antara mereka dan perguruan tinggi mereka;

  • Orientasi pendidikan mahasiswa dan fakultas; dan

  • Mahasiswa dan bidang studi utama mereka.

Faktor lain yang mempengaruhi kepuasan perguruan tinggi adalah integrasi dan struktur sosial, dukungan sosial, kuantitas hubungan teman sebaya, kegiatan ekstrakurikuler, dan kontak informal dosen-mahasiswa.

Lihat juga: BUFFERING MODEL/HYPOTHESIS OF SOCIAL SUPPORT; SELF- CONSISTENCY AND SELF-ENHANCE- MENT THEORIES; STUDENT RETENTION/ATTRITION MODEL.

Sumber :
  • J.E. Roeckelein, 2006, Elseviers’s Dictionary of Psychological Theories, Elsevier B.V.*
Referensi :
  • Okun, M. A., & Weir, R. M. (1990). Toward a judgment model of college satisfaction. Educational Psychology Review , 2 , 59-76.

  • Weir, R. M. (1990). The joint effects of positive college events, social support, and self-esteem on college satisfaction. Unpublished doctoral dissertation, Arizona State University, Tempe, AZ.