Apa yang dimaksud dengan teori ekonomi mikro?

ekonomi mikro

Teori ekonomi mikro merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku unit-unit ekonomi secara individual, seperti: perilaku konsumen, produsen, penerimaan, pasar, biaya, dan keuntungan perusahaan. Berdasarkan pola dan ruang lingkup analisisnya, teori mikro ekonomi dapat didefinisikan sebagai suatu bidang ilmu ekonomi yang menganalisis bagian-bagian kecil secara individual dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Isu pokok yang dianalisis di sini adalah bagaimana cara menggunakan faktor-faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran masyarakat dapat dimaksimumkan.

Beberapa aspek yang dipelajari dalam teori ekonomi mikro adalah sebagai berikut:

  1. Interaksi di Pasar Barang. Suatu perekonomian merupakan gabungan dari berbagai jenis pasar, dan termasuk juga pasar barang. Teori ekonomi mikro menunjukkan bagaimana suatu pasar berfungsi dan beroperasi dan bagaimana interaksi antara penjual dan pembeli di suatu pasar barang.

  2. Tingkah Laku Penjual dan Pembeli. Asumsikan para pembeli dan penjual menjalan kegiatan ekonominya secara rasional. Di pihak lain, para pembeli berusaha memaksimumkan kepuasaan yang mungkin dinikmatinya. Sedangkan, para penjual berusaha memaksimumkan keuntungan yang ingin diperolehnya.

  3. Interaksi di Pasar Faktor Produksi. Ekonomi mikro menganalisis interaksi antara penjual dan pembeli di pasar faktor produksi. Setiap individu adalah pemilik faktor-faktor produksi. Penjual membutuhkan faktor-faktor produksi untuk memproduksi barang/jasa. Interaksi antara penjual dan pembeli di berbagai pasar faktor produksi akan menentukan harga-harga dan jumlah dari faktor produksi yang digunakan.