Apa yang dimaksud dengan Teori bureaucratic oversupply model?

Teori bureaucratic oversupply model merupakan salah satu teori dalam birokrasi.
image

Adalah sebuah teori yang berbasis pada pemikiran ideologi liberalisme. Teori ini muncul sebagai respon dari teori birokrasi
Weber maupun Karl Max. Teori ini pada intinya menyoroti kapasitas organisasi birokrasi yang dipandang terlalu besar (too large), terlalu mencampuri urusan rakyat (too intervenee), dan mengkonsumsi terlalu banyak sumber daya (consumning too many scarce resources). Pejabat birokrasi dimotivasi oleh kepentingan-kepentingan mereka sendiri. Oleh karenanya, mereka cenderung untuk membesarkan institusi mereka agar mempermudah pekerjaan dan tanggung jawab memperbanyak anggaran, dan memiliki kewenangan sebanyak mungkin. Contoh dari penerapan model ini adalah pada negara-negara berkembang pada umumnya.
Karenanya para pemikir teori ini menuntut agar kapasitas birokrasi diperkecil (dengan semboyan less government), dengan cara jumlah aparatur dikurangi dan peranan hendaknya didelegasikan kepada sektor swasta (private sector). Tokoh dari teori ini adalah Niskanen (1971), dan Anthony Down (1967).