Apa yang dimaksud dengan Teori awam tentang kausalitas perilaku?

Teori awam tentang kausalitas perilaku adalah teori yang mengacu pada teori naif yang dikembangkan dan digunakan oleh orang awam untuk menjelaskan peristiwa sosial. Salah satu teori kausal awam yang banyak dipelajari adalah disposisisme awam yang mengacu pada penggunaan ciri-ciri kepribadian yang stabil sebagai unit analisis dalam persepsi sosial.

Orang yang menganut disposisi awam cenderung melihat perilaku sebagai cerminan disposisi yang sesuai dan percaya bahwa pengetahuan tentang sifat seseorang adalah prediksi perilaku yang relevan dengan sifat seseorang dalam situasi tertentu serta mengharapkan perilaku konsisten di seluruh situasi. Sebaliknya, orang yang menganut situasisme awam cenderung melihat kekuatan situasional sebagai penentu utama perilaku dan mengharapkan tingkat konsistensi lintas-situasional yang rendah dalam perilaku.

Teori kausal awam lainnya termasuk teori kelompok awam (keyakinan bahwa kelompok memiliki pengaruh kuat pada perilaku individu) dan interaksionisme awam (keyakinan bahwa sifat dan situasi bersama-sama menentukan perilaku seseorang).

Sumber : David Matsumoto, The Cambridge Dictionary of Psychology