Apa yang Dimaksud dengan Teori Abiogenesis dan Biogenesis?

image

Apa yang Dimaksud dengan Teori Abiogenesis dan Biogenesis?

1. Teori Abiogenesis

Teori abiogenesis disebut juga teori generation spontaneaeyang menyatakan bahwa makhluk hidup tercipta dari benda tak hidup yang berlangsung secara spontan. Teori abiogenesis dipelopori oleh Aristoteles (384-322 SM ). Menurut percobaan Aristoteles, tanah yang direndam air akan muncul cacing. Teori ini dikuatkan oleh ilmuan Belanda yang bernama Antony van Leuwenhoek pada tahun 1677. Ia mengamati adanya makhluk renik pada air rendaman jerami menggunakan mikroskop hasil temuannya. Hasil pengamatannya ini ditulis dalam sebuah catatan ilmiah yang diberi judul “ Living in a Drop of Water”.

Pendukung teori abiogenesisyang lain adalah John Needham yang merupakan seorang ilmuwan Inggris . Needham melakukan percobaan dengan penyimpanan air rebusan daging atau kaldu dengan botol yang ditutup gabus. Setelah beberapa hari, terdapat mikroorganisme didalam air kaldu tersebut. Jean Batiste van Helmont juga mendukung teori ini dengan melakukan percobaan baju kotor yang terkena keringat manusia disimpan dalam gudang gandum. Setelah beberapa hari akan menjadi tikus. Van Helmont juga mempercayai bahwa katak berasal guntur yang turun ka bumi bersama dengan air hujan. (Pelczar,Michael.J 1988)

2. Teori Biogeneis

Teori abiogenesis disanggah oleh teori biogenesis sejak abad ke-19. Teori biogenesis menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup. Teori biogenesis dikemukakan oleh Francesco Redi, Louis Pasteur Lazzaro Spallanzani berdasarkan percobaan percobaan yang mereka lakukan. Keterangan kegiatan dari ketiga ilmuwan tersebut dalam tabel.


image
image
image

Gambar Mikroorganisme yang dipelajari dalam mikrobiologi, antara lain: (A) Percobaan Redi , (B) Percobaan Spallanzani dan © Percobaan Pasteur. ((Pelczar,Michael.J 1988)
image