Apa yang dimaksud dengan teman sebaya ?

teman_sebaya

(Arisha Yonna Tanu) #1

Teman Sebaya

Sebaya merupakan ukuran yang digunakan untuk orang dengan tingkat umur dan kedewasaan yang sama.

Apa yang dimaksud dengan teman sebaya ?


(Amalia Laisa) #2

Menurut Havighust, teman sebaya adalah sekelompok orang yang kurang lebih berusia sama dimana kelompok ini berfikir dan bertindak secara bersama-sama.

Dacey, Travers, & Fiore (2009) juga berpendapat bahwa teman sebaya merupakan kumpulan anak yang memiliki usia yang sama dengan rentang usia antara satu anak dengan anak lainya adalah 12 bulan.

Sementara itu, Berk (2010) berpendapat bahwa teman sebaya adalah suatu kumpulan yang menghasilkan nilai tertentu dan standar khas bagi perilaku dan struktur sosial pemimpin dan pengikut.

Lebih lanjut, Berk (2010) berpendapat bahwa penerimaan teman sebaya mengacu pada kesukaan, dimana seorang anak dianggap sebagai rekan sosial yang pantas oleh teman sebayanya.

Sementara Hurlock (1978) menjelaskan bahwa penerimaan sosial berarti seseorang dipilih sebagai teman untuk melakukan aktivitas dalam kelompok. Penerimaan sosial ini menjadi ukuran keberhasilan anak dalam menjalankan fungsi sosial serta menunjukan tingkat kesukaan orang lain terhadap diri anak.

Kategori Teman Sebaya

Hurlock mengkategorikan penerimaan teman sebaya menjadi beberapa tingkatan, mulai dari yang paling diterima oleh teman sebayanya hingga anak yang paling diabaikan oleh teman sebayanya. berikut kategori penerimaan teman sebaya menurut Hurlock (1978):

  • Star

    Star merupakan kategori anak yang paling dikagumi teman sebayanya. Hal ini dikarenakan anak kategori star dianggap memiliki sifat menonojol.

    Kekaguman ini menjadikan semua anak dalam kelompok menganggap anak kategori star sebagai sahabat karib, meskipun star tidak banyak membalas uluran persahabatan tersebut. Tidak banyak anak yang termasuk kategori star.

  • Accepted

    Anak kategori accapted cenderung disukai oleh sebagian teman sebayanya. Akan tetapi, posisi anak accepted kurang terjamin dibandingkan posisi star. Anak kategori accapted mungkin akan kehilangan statusnya apabila terus berlaku menentang kelompoknya.

  • Isolate

    Anak isolate sama sekali tidak memiliki sahabat dalam kelompoknya. Kategori isolate dibagi menjadi dua, yakni voluntery isolate dan involuntery isolate. Anak kategori voluntery isolate sengaja menarik diri dari pergaulan kelompok sebaya karena kurang memiliki minat untuk menjadi anggota atau mengikuti aktivitas kelompok. Sedangkan anak kategori involuntery isolate merupakan anak yang sengaja ditolak oleh kelompok sosialnya meskipun ia ingin menjadi bagian dari kelompok sosial tersebut. Lebih jauh, kategoi involuntery isolate dibagi menjadi dua, yakni involuntery isolate subjektif dan involuntery isolate objektif.

    Anak yang termasuk dalam involuntery isolate subjektif beranggapan tdak dibutuhkan dalam kelompok sehingga menjauh dari kelompok. Sementara involuntery isolate objektif merupakan kategori bagi anak-anak yang memang benar-benar ditolak oleh kelompoknya.

  • Fringer

    Fringer merupakan kategori perbatasan antara penerimaan dan penolakan teman sebaya. Melalui suatu tindakan atau ucapan yang dianggap menentang kelompoknya, anak kategori fringer yang awalnya diterima oleh kelompoknya akan berbalik ditolak oleh kelompok teman sebayanya.

  • Climber

    Anak kategori climber sebenarnya sudah diterima oleh teman sebayanya, namun anak kategori ini ingin diterima oleh kelompok anak yang secara sosial lebih tinggi. Posisi anak kategori climber berada diposisi genting karena apabila anak bersikap yang bertentangan dengan kelompok, maka anak akan kehilangan teman yang sudah menerimanya dan sulit diterima oleh kelompok sosial lebih tinggi yang diinginkanya.

  • Neglected

    Anak kategori neglected merupakan anak yang tidak diterima namun juga tidak ditolak oleh teman sebayanya. Anak diabaikan karena pemalu, pendiam atau dianggap tidak mampu berkontribusi pada kelompok yang mengabaikanya.

Sementara itu, Berk (2010) mengkategorikan teman penerimaan teman sebaya kedalam empat kategori umum, yaitu:

  1. Anak-anak populer (populer children)
    Anak dalam kategori pupuler merupakan anak yang banyak menerima suara positif. Artinya anak ini sangat disukai oleh teman sebayanya.

  2. Anak-anak tertolak (rejected children)
    Kebalikan dari anak popoler, anak kategori tertolak merupakan anak yang paling banyak menerima suara negatif, sehingga anak kategori tertolak merupakan anak yang tidak disukai teman sebayanya.

  3. Anak-anak kontroversial (controversial child)
    Anak-anak kontroversial mendapatkan suara positif dan suara negatif. Anak kategori ini terkadang disukai namun terkadang pula banyak disukai namun juga banyak dibenci teman sebayanya.

  4. Anak-anak terabaikan (negelected children)
    Anak terabaikan merupakan anak yang sangat jarang menerima suara positif maupun suara negatif. Anak kategoi terabaikan sangat jarang disinggung atau diperhatikan oleh teman-temanya.