Apa yang dimaksud dengan teknik wawancara terhadap manajer dalam proses identifikasi risiko ?

identifikasi risiko

Manajemen Resiko adalah suatu proses identifikasi, pengukuran, dan kontrol keuangan dari suatu resiko yang mengancam aset dan penghasilan dari sebuah perusahaan atau suatu proyek yang bisa menimbulkan kerusakan ataupun kerugian pada perusahaan tersebut.

Apa yang dimaksud dengan teknik wawancara terhadap manajer dalam proses identifikasi risiko ?

Wawancara merupakan tanya jawab untuk memperoleh informasi atau keterangan akan suatu hal. Dan wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang diperoleh secara langsung antara pewawancara dengan narasumber.

Manajer merupakan pihak paling tahu operasi perusahaan, termasuk risiko-risiko yang dihadapi perusahaan. Karena itu mereka bisa diminta bantuannya untuk mengidentifikasi risiko-risiko yang dihadapi oleh organisasi. Yang diperlukan adalah metodologi yang sistematis yang bisa memfasilitasi sesi diskusi tersebut.

Sebagai contoh ilustrasi United Grain Griwers yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertanian di Kanada melakukan sesi ‘brainstorming’ antara manajernya dengan konsultan manajemen risiko, untuk mengidentifikasi risiko-risiko yang paling penting yang dihadapi oleh perusahaan. Hasil diskusi tersebut menunjukkan ada enam tipe risiko yang paling penting, dengan urutan sebagai berikut:

  1. Risiko Komoditas
    Harga komoditas yang jatuh padahal perusahaan memegang komoditas tersebut

  2. Risiko Cuaca
    Cuaca yang tidak menguntungkan sehingga mengacaukan panen. Dan kemudian menurunkan volume pertanian yang dikirimkan oleh perusahaan (penjualan menurun)

  3. Risiko counterparty
    Yaitu counterparty perusahaan gagal memenuhi kontraknya terhadap perusahaan

  4. Risiko Lingkungan
    Yaitu perusahaan menghadapu tuntutan hukum karena perusahaan dituduh merusak lingkungan ( seperti mencemarkan lingkungan )

  5. Risiko Persediaan
    Yaitu persediaan yang dipegang mengalami kerusakan ( misal membusuk )

Risiko komoditas merupakan risiko yang dianggap paling penting oleh manajer UGG