Apa yang dimaksud dengan teknik screening dalam menggali identifikasi risiko ?

manajemen_risiko
identifikasi_risiko

(Rohman Arro) #1

Dalam mengidentifikasi sebuah risiko bisa dilakukan dengan berbagai cara, Bisa dengan wawancara, kuisoner, dll. Salah satu bentuk identifikasi risikio bisa dilakukan dengan cara screening. Apakah itu screening di dalam menggali identifkasi risiko ?


(Reza Ararsy Arrohman) #2

Screening merupakan sebuah kegiatan yang berguna dalam mengidentifikasi batasan dalam sebuah masalah. Dengan ditemukanya batasan tersebut, maka akan ditemukan risiko-risiko yang kemungkinan terjadi di dalam masalah tersebut. Screening bisa dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan seseorang kemudian disini akan dibuat beberapa list pertanyaan yang kemudian akan ditanyakan kepada orang tersebut sehingga dihasilkan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang sudah disiapkan sebelumnya. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan dalam melakukan screening :

  • Buat studi kasus
    Studi kasus dalam hal ini embuat sebuah karangan yang menggambarkan masalah yang ada. Dengan adanya studi kasus tersebut, maka orang yang kita lakukan screening bisa mengidentifikasi risiko dari masalah tersebut.

  • Lakukan ditempat
    Dalam hal ini kita bisa melakukan screening secara langsung tatap muka dengan orang tersebut sehingga orang tersebut bisa memberi segala yang dia fikirkan ketika melakukan screening tersebut.

  • Langsung pada tujuan
    Ketika melakukan screening, yang harus kita lakukan adalah langsung menanyakan hal-hal yang diperlukan tanpa harus membuat pembicaraan awal yang memperpanjang waktu screening

Sumber :