Apa yang dimaksud dengan teknik Risk Data Quality Assessment ?

Salah satu teknik dalam melakukan qualitative risk analysis adalah Risk Data Quality Assessment, jelaskan yang dimaksud dengan teknik tersebut dan apa saja kekurangan dalam teknik tersebut?

Risk Quality Assessment adalah teknik yang digunakan untuk mengevaluasi tingkat dimana data tentang risiko diperlukan untuk manajemen risiko. Teknik ini melibatkan pemeriksaan sejauh mana risiko dapat dipahami dan keakuratan, kualitas, keandalan, dan integritas data tentang risiko. Tidak mengevaluasi kredibilitas informasi atau data dapat menyebabkan analisis yang salah yang dapat membuat kegiatan proyek sangat rentan terhadap risiko. Jika informasinya tidak reliable, maka memperbaikinya jauh lebih murah dibandingkan dengan dampak risiko jika terwujud.

Kekurangan dalam teknik ini sendiri adalah:

  • Pengumpulan informasi tentang risiko sangat sulit dan menghabiskan lebih banyak waktu dan sumber daya daripada yang semula telah direncanakan.

  • Penggunaan data risiko berkualitas rendah dapat mengarah pada analisis risiko kualitative yang hanya sedikit digunakan untuk proyek

Reference

Risk Data Quality Assessment adalah salah satu bagian dari “Perform Qualitative Risk Analysis: Tools and Techniques” yang merupakan suatu teknik untuk mengevaluasi sejauh mana data tentang risiko itu berguna untuk manajemen risiko. memeriksa sejauh mana risiko dipahami dan keakuratan, kualitas, keandalan, dan integritas data tentang risiko.

Penggunaan data risiko berkualitas rendah dapat mengarah pada analisis risiko kualitatif yang hanya sedikit digunakan untuk proyek. Jika kualitas data tidak dapat diterima, mungkin diperlukan untuk mengumpulkan data yang lebih baik. Seringkali, pengumpulan informasi tentang risiko itu sulit, dan menghabiskan lebih banyak waktu dan sumber daya dari yang direncanakan semula.

Risk Data Quality Assessment mengevaluasi informasi dengan menanyakan apakah data itu kredibel, berkualitas tinggi, akurat dan dipahami dengan benar. Tidak mengevaluasi kredibilitas informasi atau data sering dapat menyebabkan analisis yang salah yang dapat membuat kegiatan proyek sangat rentan terhadap risiko.

Jika informasinya tidak dapat diandalkan, maka memperbaikinya jauh lebih murah dibandingkan dengan dampak risiko jika terwujud. Ini adalah alasan mengapa penilaian kualitas data risiko sering digunakan dalam perencanaan manajemen proyek.

Referensi :

  1. Project Management Institute-A Guide to the Project Management Body of Knowledge_ PMBOK-Project Management Institute (2013)
  2. https://project-management-knowledge.com/definitions/r/risk-data-quality-assessment/

Risk Data Quality Assessment adalah teknik untuk mengevaluasi sejauh mana data tentang risiko itu berguna untuk manajemen risiko. Pada hal ini akan melibatkan pemeriksaan sejauh mana risiko dipahami keakuratan nya, kualitas, keandalan, dan integritas data tentang risiko.

Referensi :

Risk Data Quality Asessment adalah teknik untuk mengevaluasi sejauh mana data tentang risiko berguna untuk manajemen risiko dan memeriksa sejauh mana risiko dapat dipahami, dinilai keakuratan, kualitas, keandalan, dan integritas datanya.

source : Project Management Institute, Inc., A Guide to the Project Management Body of Knowledge, Fifth Edition, 2013