Apa yang dimaksud dengan Teknik Foot in the Door?

Teknik foot in the door adalah salah satu teknik persuasi dengan cara mengajukan permintaan yang kecil terlebih dahulu, kemudian permintaan besar.

Apa yang dimaksud dengan Teknik Foot in the door ?

Teknik foot-in-the-door adalah teknik psikologi yang mempersuasi seseorang secara bertahap. Awalnya permintaan yang diberikan adalah permintaan yang mudah dan sederhana. Setelah permintaan itu dikabulkan, barulah orang yang mempersuasi meminta permintaan yang lebih besar.

Salah satu contoh penggunaan teknik ini adalah ketika kamu sedang berjalan di pinggir jalan lalu dimintai waktu sekian menit oleh petugas survey, LSM, atau sales. Ia akan meminta entah 1 menit, 3 menit, 5 menit, atau sejumlah waktu yang dianggap relatif singkat untuk kamu sisihkan.

Ketika kamu tidak tertarik atau sedang buru-buru, kemungkinan besar kamu akan menolak permintaan tersebut. Tapi, kalau kamu sedang senggang atau penasaran, bisa jadi kamu menuruti permintaan mereka dan memberikan sedikit dari waktu kamu. Bisa juga mereka meminta dan kamu memberikan identitas kamu. Nah, dari situ, kamu akan lebih cenderung untuk memberikan sumbangan, membantu mengisi survey, atau membeli produk mereka.

Konsep ini dinamakan foot-in-the-door karena seperti halnya ketika kaki kita letakkan di pintu, maka pintu itu tidak akan tertutup sepenuhnya, walaupun tidak terbuka lebar juga. Tetapi ketika pintu tidak tertutup sepenuhnya, maka kemungkinan pintu akan terbuka lebar akan jauh lebih besar dibandingkan ketika pintu sudah tertutup sepenuhnya.

Sumber