Apa yang Dimaksud dengan Tata Laksana Pendidikan?


Dalam pendidikan ada istilah tata laksana pendidikan dalam proses pembelajaran.

Apa yang dimaksud dengan tata laksana pendidikan?

Pengertian Tata Laksana Pendidikan

Tata laksana pendidikan adalah sebuah sistem yang mengatur bagian administrasi suatu lembaga, instansi atau organisasi dalam dunia pendidikan. Menurut Perdani tata laksana pendidikan adalah usaha atau upaya dalam menghimpun, mengumpulkan, maupun mengelola segala kegiatan adminitrasif bagi sebuah institusi ataupun sebuah organisasi di bidang pendidikan. Saat ini studi di era 4.0 bagi genarasi milenial menuntut guru untuk profesioanl dan memiliki etika pengajaran yang berguna untuk merangsang pikiran sekaligus moral profesionalisme guru. Dengan ini profesionalisme serta etika dirangkum dalam tata laksana pengajaran serta aspek-aspek yang menjadi landasan dalam tata laksana pendidikan.

Tata laksana pendidikan sering disebut dengan istilah administrasi tata usaha, yaitu segenap proses kegiatan pengelolaan surat-menyurat yang dimulai dari menghimpun (menerima), mencatat, mengelola, menggandakan, mengirim dan menyimpan semua bahan keterangan yang di perlukan oleh organisasi. Dengan pengertian ini maka tata laksana atau tata usaha bukan hanya meliputi surat-surat saja tetapi semua bahan keterangan atau informasi yang berwujud warkat. Warkat ini adalah catatan tertulis atau bergambar mengenai sesuatu hal untuk keperluan pengingatan agar apabila sewaktu-waktu diperlukan dapat disiapkan. Menurut Wililiam Leffingwe dan Edwin Robinson yang telah di terjemahkan oleh The Liang Gie pekerjaan kantor atau tata laksana ini pekerjaannya menyangkut segala usaha perbuatan menyangkut warkat, pemakaian warkat-warkat dan pemeliharaannya guna dipakai untuk mencari keterangan dikemudian hari.

Ruang Lingkup Ketatalaksanaan Pendidikan

Menurut Perdani dkk (2019:101) manajemen pendidikan sering disebut sebagi manajemen administrasi. Hal tersebut dapat diartikan sebagai
keseluruhan proses kegiatan manajemen korespondensi mulai dari pengumpulan (penerimaan) pencatatan, pengelolahan, penggandaan pengiriman dan penyimpanan smua informasi ynag dbutuhkan organisasi.

Administrasi Tata Laksana merupakan serangkaian kegiatan mencatat, menyimpan, menggandakan, menghimpun,mengolah, dan mengirim benda-benda tertulis serta warkat yang pada hakikatnya menunjang seluruh garapan administrasi sekolah/pendidikan. Menurut The Liang Gie:

  1. Menghimpun yaitu kegiatan mencari dan mengusahakan tersedianya segala keterangan yang tadinya belum ada atau berserakan dimana-mana sehingga siap dipergunakan bila mana diperlukan.
  2. Mencatat yaitu meliputi kegiatan yang membutuhkan dengan berbagai alat tulis-menulis mengenai keterangan-keterangan yang diperlukan sehingga terwujudnya tulisan-tulisan yang dapat dibaca, dikirim atau disimpan.
  3. Mengolah yaitu bermacam-macam kegiatan mengerjakan keterangan-keterangan dengan maksud menyajikan dalam bentuk yang lebih berguna atau lebih jelas untuk dipakai.
  4. Menggandakan yaitu kegiatan memperbanyak dengan berbagai cara dan alat sebanyak jumlah yang diperlukan.
  5. Mengirim yaitu kegiatan menyampaikan dengan berbagai cara dan alat dari pihak pertama ke pihak yang lain.
  6. Menyimpan yaitu kegiatan menaruh dengan berbagai cara dan alat ditempat tertentu yang aman.