Apa yang dimaksud dengan Tari Lulo?

image
Tari Lulo adalah tari tradisional yang berasal dari Indonesia yang ditarikan oleh masyarakat di Sulawesi tenggara. Apa yang dimaksud dengan Tari Lulo ?

Tari Lulo adalah tari tradisional yang berasal dari Tokotua, Kabupaten Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara. Tari Lulo ini dilaksanakan dalam rangka ritual adat Tokotua atas rasa syukur dan terimakasih kepada Yang Maha Pencipta karena limpahan rezki panen beras yang melimpah.

Tari tradisional Lulo ini telah ada sejak zaman pemerintahan kerjaan kesultanan Buton, dimana beras sebagai hasil pertanian Tokotua untuk memperkuat pilar perekonomian Kesultanan Buton. Dan ungkapan syukur atas panen beras yang melimpah dituangkan dalam ritual adat Lulo.

Para penari Lulo terdiri dari 12 orang yang dibagi dalam 2 kelompok. Delapan penari putra memegang alu (Penumbuk Padi) yang menggambarkan pria yang menumbuk padi dan empat orang penari perempuan memegang nyiru sebagai alat penapis gabah, ditambah sapu tangan yang menggambarkan proses penapisan gabah.

Pakaian yang digunakan dalam tari tersebut merupakan ciri khas Kabaena dengan pakaian berwarna dasar hitam ditambah warna kekuning-kuningan dan kemerah-kemerahan.

Tari Lulo diiringi oleh musik tradisional Sulawesi Tenggara menggunakan alat musik tradisi seperti kendang. Saat ini Tari Lulo telah banyak mengalami perubahan dan kreasi sebagai seni pertunjukan modern.

Tari Lulo ditampilkan dalam rangka upacara adat penyambutan suku Tokotua terhadap tamu-tamu penting yang berkunjung didaerah tersebut. Selain itu Tari Lulo juga banyak dipergunakan sebagai ajang lomba dan kreatifitas masyarakat Sulawesi Tenggara.