Apa yang dimaksud dengan tari baroque?

tari baroque

Salah satu seni yang tersebar diseluruh negara yaitu seni tari. Salah satu seni tari yaitu tari baroque. apa yang anda ketahui dari tarian ini?

Baroque dance adalah jenis tarian yang tak lekang dimakan zaman. Seni tari ini muncul sejak tahun 1650 dan berkembang pesat di Eropa. Pada zaman tersebut, kebudayaan berkembang pesat di benua biru tersebut. Dalam masa yang disebut Baroque era (1650-1790) tersebut banyak karya-karya seni yang kini menjadi bagian klasik dari sejarah, salah satunya adalah Baroque dance.

Baroque konon berkembang di dua daerah, yakni Inggris dan Prancis. Di Inggris, Baroque dance muncul pertama kali dengan istilah country dance. Sementara di Prancis, Baroque bermula dari istilah court dance, yakni tarian yang hanya bisa dipentaskan di istana.

Sesuai namanya, tarian ini tak bisa sembarang dipelajari dan dinikmati orang. Baroque dance hanya diperkenalkan pada para bangsawan di negeri romantis tersebut. Bahkan konon, Baroque dance kala itu punya fungsi sebagai penentu strata sosial seseorang. Bila kamu bisa menari Baroque secara baik, derajatmu bisa naik tingkatannya di mata raja.

Baik di Inggris maupun Prancis, Baroque dance memiliki kesamaan fungsi, yakni sebagai tari sosial. Fungsi ini muncul karena Baroque dance jarang dilakukan seorang diri, mirip dengan Ballroom dance. Di zaman tersebut, dua penari Baroque harus bergerak secara seragam kemudian mereka berpindah tempat dalam waktu yang bersamaan.

Baroque hanya bisa dipentaskan di kalangan terpelajar karena dianggap sulit dipahami. Jenis dance ini mengenal kata skema dan notasi sehingga gerakannya tak bisa dilakukan secara asal. Gerakan-gerakan Baroque dance diciptakan untuk bisa dinikmati dari udara.

Zaman dahulu, pentas penari-penari Baroque dilakukan di ketinggian yang jauh lebih rendah ketimbang penontonnya. Sehingga nggak aneh jika dalam Baroque ditemukan banyak terjadi perpindahan posisi yang simetris antarpenarinya.