Apa yang dimaksud dengan Tahi Lalat (Naevus pigmentosus)?

Tahi lalat

Tahi lalat yang sering muncul pada kulit manusia berupa tonjolan kecil hingga besar berwarna coklat hingga hitam ini adalah sejenis tumbuhan jinak berwarna coklat sampai hitam yang biasanya ada sejak lahir dan membesar sejalan dengan meningkatnya usia.

Naevus pigmentosus dapat rata dengan permukaan kulit dan kecil yang disebut tahi lalat serta bisa juga menonjol dan agak besar yang disebut tanda. Tahi lalat yang membesar dengan cepat apalagi bila disertai rasa gatal, mudah berdarah dan warnanya bertambah gelap atau menghitam, segera periksakan ke dokter, karena kemungkinan berubah menjadi ganas dan berbahaya.

Apa yang dimaksud dengan Tahi Lalat (Naevus pigmentosus) ?

Tahi lalat atau Nevus pigmentosus adalah tumor jinak melanosit yang tersusun dari sel-sel nevus, yang berpotensi berkembang menjadi Melanoma Maligna. Degenerasi maligna nevus pigmentosus terjadi pada pasien diatas 35 tahun harus dipikirkan kemungkinan melanoma.

Transformasi maligna ditandai dengan adanya pembesaran, khususnya bila asimetris, perubahan warna, perubahan permukaan, terjadi penebalan, adanya nyeri, tanda-tandain flamasi atau timbulnya pigmentasi satelit.

tahi lalat

Nevus pigmentosus berdasarkan tempatnya dibagi menjadi :

  1. Junction Nevi
    Secara umum tidak berambut makulanya terang sampai coklat kehitaman, ukuran bervariasi dari 1 mm ke 1 cm (diameter), permukaan halus dan rata. Lesi bisa berbentuk bulat, elips, ada yang berbentuk kecil, irregular. Lokasi sering di telapak tangan, telapak kaki dan genitalia.
    Junction nevi jarang setelah lahir dan biasanya berkembang setelah berumur 2 tahun. Pembentukan aktif sel nevusnya hanya pada pertemuan epidermis dermis.

  2. Compound Nevi
    Hampir sama dengan junctional nevi tetapi sedikit menonjol dan ada yang berbentuk papillomatous. Warnanya seperti warna kulit sampai ke warna coklat. Permukaan halus, lokasi banyak di wajah dan biasanya ditumbuhi rambut. Sel nevusnya berada pada epidermis dan dermis.

  3. Intradermal Nevi
    Bentuk papel (kubah), ukuran bervariasi dari beberapa mm hingga 1 cm atau lebih (diameter). Lokasi dimana-mana tetapi paling banyak di kepala, leher dan biasanya ditumbuhi rambut kasar, berwarna coklat kehitaman. Sel nevusnya berada pada dermis.

Penatalaksanaan nevus pigmentosus biasanya sehubungan dengan segi kosmetik, ataupun adanya kemungkinan nevus berubah menjadi suatu keganasan. Kebanyakan lesi melanositik tidak membutuhkan terapi khusus. Pengangkatan nevus melalui tehnik biopsi eksisi ataupun shave eksisi electro desiccation atau ekstirpasi ellips komplit (tergantung pada ukuran, bentuk dan lokasi lesi).