© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan Tabayyun (Cross Check) dalam Islam?

tabayyun

Tabayyun adalah suatu upaya untuk menjelaskan pengertian dari suatu istilah, kemudian memperjelasnya sehingga tidak melenceng dari pengertian yang sebenarnya. Menurut KBBI arti dari terminologi sendiri adalah, peristilahan (tentang kata-kata) atau ilmu mengenai batasan atau definisi istilah.

Maka, apa yang dimaksud dengan tabayyun?

Terminologi Tabayyun Dalam Alquran
Pengertian terminologi adalah suatu upaya untuk menjelaskan pengertian dari suatu istilah, kemudian memperjelasnya sehingga tidak melenceng dari pengertian yang sebenarnya. Menurut KBBI arti dari terminologi sendiri adalah, peristilahan (tentang kata-kata) atau ilmu mengenai batasan atau definisi istilah. Lafadz tabayyun berasal dari fiil madhi tabayyana yang berakar atau dari akar kata (jelas). Tabayyana mengikuti kaidah Sorof dengan wazan تفعل (tafa’ala) sedangkan tabayyun merupakan bentuk masdar dari tabayyana tersebut. Salah satu faidah dari wazan tafa’ala yaitu (membebani) sehingga tabayyun disitu yang awalnya jelas menjadi mencari kejelasan.

Jadi tabayyun dalam setiap informasi berarti mencari kejelasan dari informasi yang didapatdengan cara memverifikasi kebenaran informasi tersebut. Kata ba>na (بان) yang berarti jelas dalam Kitab Al Mu’jam Al Mufahros Li Alfadhil Qur’anil Karim karya Muhammad Fu’ad Abdul Baqi dijelaskan, bisa berubah kata sebanyak tiga kali ھُنتّبی ,ن َّبیَت ,استبان dan dicontohkan dalam Alquran dalam surah al-Ankabut ayat 38 (ۡمِھِنِكَٰس َّمن ِّممُكَلَن َّیَب َّتدَقَو) tabayyana dalam surah ini menjelaskan kejadian yang sudah terjadi dan diberi contoh peninggalan-peninggalan bekas-bekas rumah yang masih terlihat sangat jelas, surah al-Anam ayat 55 (َینِمِرْجُمْیلُ الِبَ سَینِبَتْسَتِل) littastabiyna dalam surah ini menjelaksan sesuatu yang sudah jelas, surah Hud ayat 17 (ْنِ مٍةَن ِّیَ بٰىَلَ عَانَ كْنَمَفَأِھ ِّبَر) bayyanati dalam surah ini menjelaskan sesuatu bukti atau saksi yang tampak jelas yaitu sebuah Alquran.3Untuk mengerucutkan permasalahan kata tabayyana yang digunakan, dan tabayyun merupakan bentuk masdar dari tabayyana tersebut. Tabayyun berasal dari kata tabayyana, yatabayyanu, tabayyunan (اَانَبیَتاْوُنّیتبیاًانُبیَت) yang artinya tampak, jelas, terang.4Menurut Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi dalam tafsir al-Aisar lafadz fatabayyanu> (اْوُن َّیَبَتَف) diartikan periksalah sebelum kalian berbicara atau berbuat atau mengambil keputusan. Maksudnya tabayyanata dalam surah saba’ ayat ini adalah tidak ada yang memberitahukan hal itu kepada bangsa jin selain seekor binatang melata yang menggerogoti tongkat sandaran Sulaiman. Semua makna atau keterangan tabayyana yang disebutkan dalam Alquran mengandung makna jelas dan nyata tetapi berbeda dalam hal objek yang ditunjukan.

  • Penggunaan Tabayyun

Tabayyun adalah akhlak mulia yang merupakan prinsip penting dalam menjaga kemurnian ajaran Islam dan keharmonisan dalam pergaulan. Hadis Rasulullah SAW dapat diteliti keshahihannya antara lain karena para ulama menerapkan prinsip tabayyun dalam menerima berita. Begitu pula dalam kehidupan sosial masyarakat, seseorang akan selamat dari salah faham atau permusuhan bahkan pertumpahan darah antar sesamanya karena ia melakukan tabayyun dengan baik. Oleh karena itu, Allah memerintahkan kepada orang yang beriman agar selalu tabayyun dalam menghadapi berita yang disampaikan kepadanya agar tidak menyesal dikemudian hari. Tentu tabayyun sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, terutama kehidupan dalam bersosial dan bermasyarakat. Karena tanpa adanya tabayyun kesalah pahaman akan sering terjadi. Untuk itu demi menghindari segala masalah kesalahpahaman akan segala berita, sebelum menyampaikan berita kepada orang lain lebih baik di cari informasi yang benar terlebih dahulu atau ditabayyuni terlebih dahulu.