Apa Yang Dimaksud Dengan Syeikh?

Syeikh

Apa yang dimaksud dengan istilah syeikh?

Gelar syekh di Indonesia biasanya merujuk pada seorang ulama dengan keilmuan agama Islam yang tinggi, mulai dari perilaku, perbuatan, dan sikapnya. Ahli agama Islam, ulama besar, baik yang ahli fikih, ahli hadits atau ahli tawasuf, tarekat atau sufi.

Dalam tradisi tarekat Sufi, syekh adalah gelar kehormatan kepada seorang kiai, ulama yang sudah mendapatkan izin dari pimpinan tarekat untuk mengajar atau mengangkat murid tarekat.

Ada nama-nama tokoh besar atau yang terkenal, populer di Indonesia yang memperoleh gelar syekh. Salah satunya, Syeh Siti Jenar, Habib Syech Abdul Qodir Assegaf, Syekh Jangkung, Syeh Ahmad Mutamakkin, Hadratussyekh KH Muhammad Hasyim Asyari, Syekh Abdul Qodir Jailani, Syekh Maulana Ja’far Shadiq, dan masih banyak lagi lainnya.

Kata syekh bisa ditulis, Syekh, Syeh, Shaikh, Sheik, Shaykh, Sheikh dan sejenisnya. Secara bahasa, harfiah, arti Syekh adalah pemimpin, tetua, kepala suku atau ahli agama Islam.

Di Timur Tengah, istilah syekh merujuk pada orang yang sudah lanjut usianya. Namun, saat ini berkembang menjadi gelar untuk pemimpin, bangsawan atau para tetua. Hal yang sama terjadi dalam tradisi di Teluk Persia, istilah ini merujuk pada pemimpin, baik pejabat tinggi, manajer, pemimpin lokal maupun perusahaan.

Agak berbeda di Afrika, gelar ini biasanya digunakan untuk penguasa yang beragama Islam di keluarga kerajaan Ethiopia, para bangsawan muslim di suku-suku di Afrika seperti Tigray, Wollo dan Eritrea, termasuk para penguasa Bela Shangul.

Secara definisi, gelar syekh mirip dengan sebutan kyai atau ustadz. Guru-guru di Arab atau Mesir biasa menyebut dirinya dengan syeikh. Rektor Universitas Al-Azhar, misalnya yang mendapatkan gelar Syekh Al Azhar.