Apa yang dimaksud dengan Suspensi Topikal?

Suspensi topikal adalah sediaan cair mengandung partikel padat yang terdispersi dalam pembawa cair yang ditujukan untuk pengguanan pada kulit.

Beberapa suspensi yang diberi etiket sebagai “lotio” termasuk dalam kategori ini.

Lotion ( losio ) adalah suspensi untuk pemakaian topikal yang digunakan pada kulit. Kebanyakan losio mengandung bahan serbuk halus yang tidak larut dalam media dispersi dan disuspensikan dengan menggunakan zat pensuspensi dan zat pendispersi.Losio biasa digunakan untuk mempertahankan kelembaban dan mengandung gliserin tinggiuntuk mendapatkan efek mendinginkan.

Pada beberapa losio diformulasi dengan penambahan suatu pensuspensi hidrokoloid yang pada waktu mengering membentuk film yang dapat mempertahankan obat pada kulit.Losio harus cukup cair agar menyebar rata, tetapi juga harus cukup kental untuk melekat.Umumnya suspensi untuk kulit mengandung padatan 10-20%.Partikel padatan harus cukup halus sehingga tidak menyebabkan rasa kasar dan iritasimekanis bila digunakan pada kulit.

Contoh suspensi topikal adalah losio kalamin yang mengandung masing-masing 8% zink oksida dan kalamin.Sebagai pembasah digunakan gliserin dan magma bentonit sebagai pensuspensi.Losio ini digunakan sebagai pelindung untuk gatal-gatal akibat sengatan matahari, gigitan serangga, dan iritasi ringan pada kulit.

Dalam sediaan mata,bentuk suspensilebih jarang digunakan dibanding bentuk larutan. Bentuk suspensi dapat dipakai untuk meningkatkan waktu kontak bahan obat dengan kornea, sehingga memberika kerja lepas lambat yang lebih lama.

Suspensi obat mata mungkin diperlukan jika bahan obat tidak larut dalam pembawa yang diinginkan atau tidak stabil dalam bentuk larutan.

Suspensi obat mata harus mempunyai ciri-ciri sterilitas yang sama seperti yang dimiliki larutan obat mata, dengan pertimbangan pada penggunaan pengawet, pendapar, peningkat viskositas dan pengemasan. Suspensi obat mata harus mengandung partikel tidak larut dengan ukuran sedemikian sehingga tidak mengganggu kenyamanan mata (sebaiknya digunakan partikel berukuran 1-5 µ), tidak menggumpal dalam penyimpanan serta mudah terdispersi dengan pengocokan ringan.

Suspensi steril untuk mata Deksametason adalah salah satu contoh sediaan mata dalam bentuk suspensi yang digunakan pada permukaan mata untuk mengatasi peradangan pada alergi konjungtiva, infeksi konjungtiva tertentu dan trauma pada kornea.