Apa yang dimaksud dengan suspensi oral?

Suspensi oral adalah sediaan cair yang mengandung partikel padat yang terdispersi dalam pembawa cairdengan bahan pengaroma yang sesuai dan ditujukan untuk penggunaan oral (Depkes RI, 1995).

Kebanyakan obat antasida, antibiotika dan antelmintikadiformulasi dari bahan-bahan yang tidak larut dalam air. Pada umumnya antasida dan antibiotika digunakan berulang dan sering, sehingga lebihmenyenangkan untuk menggunakan sediaan cair antasida dibanding harus sering mengunyah tablet, demikian pula dengan sediaan antibiotika yang memerlukan pengulangan dan jangka waktu penggunaan untuk menghindari resistensi mikroba terhadap antibiotik tersebut.

Oleh karena itu sejumlah preparat antasida cair dan antibiotika diberi rasa dan aroma yang menyenangkan, biasanya pepermint (antasida) atau aroma buah-buahan (antibiotika) sehingga meningkatkan estetika dan menarik perhatian pasien.

Umumnya antasida mengandung bahan padat dalam jumlah yang besar, maka wadah harus dikocok kuat-kuatsebelum penggunaan.Contoh suspensi antasida yang beredar dipasaran adalah suspensi oral Alumina dan Magnesium.

Bahan-bahan antibiotika banyak yang tidak stabil bila berada dalam larutan untuk waktu lama, sehingga beberapa antibiotika disiapkan dalam bentuk granul kering untuk diencerkan dengan air sesaat sebelum digunakan.

Contoh sediaan suspensi oral antara lain adalah:

  • Suspensi oral antasida Alumina dan magnesia
  • Suspensi oral antibiotika kloramphenikol palmitat
  • Amoxicillin for Oral suspension (granul kering )