Apa yang dimaksud dengan Surplus Konsumen?

Surplus konsumen adalah perbedaan antara jumlah maksimum yang bersedia dibayar konsumen untuk sebuah barang dengan jumlah sebenarnya yang dibayar konsumen.

Misalnya, seorang mahasiswa bersedia membayar $13 untuk karcis konser rock, walaupun dia seharusnya hanya membayar $12. Sisa $1 adalah surplus konsumennya. Bila kita menjumlahkan surplus konsumen dari semua konsumen yang membeli suatu barang, kita akan memperoleh ukuran surplus konsumen agregat.

Menurut anda apakah pengertian dari surplus konsumen?

Surplus konsumen merupakan istilah yang dipergunakan oleh para ekonom untuk menjabarkan perbedaan antara jumlah uang yang bersedia dibayarkan oleh konsumen untuk barang dan jasa dengan harga pasar yang sebenarnya. Secara spesifik, surplus konsumen terjadi ketika konsumen bersedia membayar “lebih” untuk suatu barang atau jasa dari yang mereka bayar saat ini. Meski kedengaran seperti suatu perhitungan yang rumit, menghitung surplus konsumen sebenarnya merupakan suatu persamaan yang mudah jika Anda tahu faktor-faktor apa saja yang harus dimasukkan.

berikut adalah kurva yang menggambarkan surplus konsumen