Apa yang dimaksud dengan Studi kasus intrinsik ?

metode_penelitian
studi_kasus

(Bima Satria) #1

Studi kasus intrinsik

Studi kasus intrinsik ( intrinsic case study ) merupakan studi kasus yang mempelajari sebuah kasus secara mendalam dan mengandung hal-hal yang menarik untuk dipelajari yang berasal dari kasus itu sendiri, atau dapat dikatakan mengandung minat intrinsik ( intrinsic interest ).

Apa yang dimaksud dengan Studi kasus intrinsik ?


Apa yang dimaksud dengan metode Studi kasus ?
(Budi Wanan Salaka) #2

Penelitian dengan metode studi kasus intrinsik dilakukan karena ketertarikan atau kepedulian pada suatu kasus khusus dan untuk memahami secara utuh kasus yang ada, tanpa dimaksudkan untuk harus menghasilkan konsep atau teori serta tanpa upaya melakukan generalisasi.

Metode studi kasus intrinsik ini ditempuh bukan karena suatu kasus mewakili kasus yang lain atau karena menggambarkan suatu sifat (problem) tertentu, namun karena, dalam seluruh aspek kekhususan dan kesederhanaanya, kasus itu sendiri menarik minat. Tujuanya bukan untuk memahami konstruk abstrak atau fenomena umum tertentu.

Kata intrinsic , menurut Kamus Merriam-Webster, adalah sebagai berikut:

1 a : belonging to the essential nature or constitution of a thing the intrinsic worth of a gem the intrinsic brightness of a star b : being or relating to a semiconductor in which the concentration of charge carriers is characteristic of the material itself instead of the content of any impurities it contains

2 a : originating or due to causes within a body, organ, or part an intrinsic metabolic disease b : originating and included wholly within an organ or part intrinsic muscles

Pengertian tentang intrinsic di atas menunjukkan bahwa penelitian studi kasus mendalam bermaksud menggali hal yang mendasar (esensi) yang menyebabkan terjadinya atau keberadaan dari suatu kasus.