Apa yang dimaksud dengan Streaming?

Streaming

Streaming adalah proses dimana data dikompresi untuk transmisi melalui internet, kemudian dikompresi ulang untuk digunakan oleh pengguna. Konten audio atau visual dapat dicapai penerima dalam aliran (stream) berkelanjutan dan diputar secara real time sehingga menghindari penundaan yang disebabkan oleh pengunduhan. Perangkat lunak khusus diperlukan untuk memfasilitasi proses yang tidak terkompresi dan mengarahkan data untuk konsumsi.

Sumber

Watson, James dan Anne Hill. 2012. Dictionary of Media and Communication Studies . New York: Bloomsbury Academic.

Streaming adalah proses transfer data atau informasi dari satu pengguna ke pengguna lain, baik secara langsung atau melalui aplikasi tertentu, yang sifatnya tidak perlu melakukan pengunduhan dan akan secara langsung ditampilkan untuk data yang sudah berhasil dipindahkan.

Jadi ketika Anda menggunakan media sosial seperti YouTube atau Instagram, Anda tidak perlu melakukan pengunduhan untuk menyaksikan video yang ada pada platform tersebut. Cukup dengan mengklik video yang akan disaksikan, dan secara langsung Anda akan dapat menikmati video tersebut secara bertahap sesuai dengan kecepatan transfer data yang dimiliki.

Streaming sendiri kini juga tak hanya dimanfaatkan pada media baru seperti YouTube dan Instagram, melainkan juga radio-radio modern yang mengandalkan jaringan internet untuk mengudara. Tidak sedikit yang kemudian memanfaatkan keberadaan radio online ini untuk mencari informasi berupa berita terkini atau sekedar konten hiburan yang dapat menemani ketika di perjalanan.