Apa yang Dimaksud dengan Strategi Sosial?


Masyarakat memiliki strategi sosial sendiri dalam kehidupannya.

Apa yang dimaksud dengan strategi?

Sumber daya alam merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat untuk bisa memenuhi segala kebutuhan hidup baik kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Kehidupan masyarakat perdesaan atau penduduk lokal sangat dekat dengan sumber daya alam yang mempunyai nilai atau makna untuk bisa beraktivitas dan bisa melakukan apa yang menjadi tujuan kehidupannya. Akan tetapi, tidak semua sumber daya alam dapat terpenuhi dengan baik pasti mempunyai keterbatasan dan aturan yang meningkat untuk bisa melangsungkan aktivitas perekonomian.

Terbatasnya sumber daya alam dan adanya aturan yang meningkat atau terkandung nilai dan norma dalam kehidupan masyarakat, mengakibatkan adanya tekanan yang akan dilalui dalam kehidupan sehari-hari. Artinya, jika sumber daya alam yang terbatas dan adanya larangan terhadap mata pencaharian yang ditekuni, akan memberikan dampak dari segala kehidupan perekonomian. Sejalan dengan itu, Marvin Harris mengemukakan bahwa perubahan ekonomi membawa dampak kepada perubahan yang lain apakah terkait dengan perilaku dan pemikiran masyarakat itu sendiri.

Setiap individu atau kelompok pasti menginginkan hak untuk bisa bertahan hidup, dalam segala bidang dan berupaya untuk bisa melakukan aktivitas kehidupannya sehari-hari. Bertahan hidup sebagai kemampuan individu atau kelompok terutama pada masyarakat lokal atau masyarakat pedesaan untuk melakukan dan mengatasi segala permasalahan yang melingkupi kehidupannya. Hal tersebut biasanya dilakukan oleh rumah tangga miskin dalam mengatasi segala kemiskinan yang dihadapi dalam aktivitas kehidupannya. Menurut White (1977) dalam Sumitro (1996), bahwa dalam rumah tangga miskin untuk bisa bertahan hidup melakukan pengerahan kepada anggota keluarga untuk bisa membantu atau bekerja dalam memenuhi segala kebutuhan hidup. Semua anggota keluarga melakukan aktivitas tersebut, tidak saja untuk membantu keluarga melainkan sebagai mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Mengatasi permasalahan yang dialami oleh masyarakat atau penduduk lokal agar bisa melakukan aktivitas kehidupan, dengan melakukan berbagai strategi atau cara yang akan ia lakukan. Jika kita menelusuri dalam kamus bahasa Indonesia strategi merupakan siasat. Artinya, rencana yang tepat untuk menghadapi persoalan hidup dalam rangka pencapaian sasaran. Strategi bisa juga kita katakan sebagai usaha yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok untuk mengatasi apa persoalan yang dialami selama kehidupannya. Biasanya individu atau kelompok minimal bisa mencegah dan memenuhi segala masalah-masalah hidup yang dihadapi. Menurut Crow (1989) dalam Dharmawan (2001), bahwa strategi merupakan suatu pilihan atau penetapan dari beberapa pilihan yang akan ia lakukan dalam kehidupannya. Untuk itu, strategi ini mencakup beberapa aspek, antara lain:

  1. adanya pilihan yang dilakukan dalam realitas kehidupan,
  2. jika mengikuti pilihan tersebut, berarti kita memberikan perhatian atau dorongan yang kuat kepada pilihan kita dan mengurangi perhatian terhadap pilihan yang lain,
  3. melakukan perencanaan yang matang dan penuh perhatian akan membawa dampak yang pasti terhadap posisi yang dilakukan,
  4. strategi dilakukan salah satunya dengan tanggapan atau respons terhadap tekanan yang dihadapi sesorang,
  5. adanya pengetahuan dan sumber daya yang mendukung seseorang atau kelompok untuk bisa mengikuti dan membentuk berbagai strategi yang dihadapi dalam pilihan hidup, dan
  6. strategi yang diambil atau dipilih salah satu cara untuk keluar dari pada konflik dan proses yang terjadi dalam rumah tangga.

Unsur-unsur di atas membicarakan bahwa adanya cara atau pilihan yang dilakukan oleh individu atau kelompok jika menghadapi permasalahan hidup. Strategi mengupayakan dan membentuk diri oleh seseorang atau kelompok terutama masyarakat lokal atau masyarakat pedesaan jika terjadinya perubahan yang dialami sebagai makhluk sosial. Perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat sebagai alternatif untuk bisa melakukan atau berkarya yang lebih baik atau optimal untuk masa yang akan datang.

Strategi bertahan hidup adalah salah satu alternatif yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok, terutama pada masyarakat pedesaan atau penduduk lokal, jika menghadapi permasalahan hidup dalam upaya peningkatan atau perkembangan perekonomian dan untuk bisa memenuhi segala kebutuhan hidup. Sejalan dengan itu, Snel dan Staring dalam Resmi (2005), menyatakan bahwa strategi bertahan hidup adalah sebagai rangkaian kegiatan atau tindakan yang dipilih secara standar oleh individu dan rumah tangga menegah ke bawah secara sosial ekonomi.

Dapat disimpulkan bahwa strategi bertahan hidup merupakan suatu proses yang dilakukan oleh masyarakat lokal atau penduduk lokal dalam kehidupannya untuk membangun suatu kegiatan dan kapabilitas dukungan sosial bersifat ragam dalam rangka bisa meningkatkan taraf hidup dan meningkatkan perekonomian dalam aktivitas rumah tangga. Hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat lokal atau penduduk lokal mempunyai usaha yang kuat untuk melangsungkan kehidupannya. Oleh sebab itu, semua permasalahan hidup dan rintangan yang dihadapi dapat diselesaikan dengan optimal dan secara baik dalam mencapai standar kehidupan yang baik juga.

Konsep strategi bertahan hidup biasanya digunakan untuk melihat strategi orang miskin dalam aktivitas perekonomian. Sejalan dengan itu, strategi bertahan hidup adalah strategi petani lapisan bawah, menunjuk kepada adanya sumber yang di luar pertanian sebagai sumber nafkah untuk mencukupi kekurangan di sektor pertanian. Dengan demikian, bahwa strategi tidak saja digunakan pada orang miskin, akan tetapi masyarakat yang mengalami perubahan mata pencaharian hidup sehari-hari yang merupakan sumber pendapatan hidup. Pengertian strategi bertahan hidup, tidak saja kepada cara atau alternatif, akan tetapi berorientasi kepada proses yang dilakukan oleh individu atau kelompok ketika mengalami guncangan dalam kehidupannya. Proses tersebut dilakukan sebagai tahapan yang bersifat step by step dalam meraih perekonomian untuk lebih baik.

Jika kita menelusuri pengertian tentang strategi bertahan hidup bahwa apa yang dilakukan oleh individu atau kelompok masyarakat lokal terutama masyarakat miskin dan masyarakat yang mengalami perubahan mata pencaharian, aktivitas yang dilakukan tidak bersifat cepat, akan tetapi penuh dengan kesesuaian atau adaptasi yang baik. Perubahan mata pencaharian pada masyarakat Desa Putri Puyu merupakan salah satu contoh bahwa adanya usaha atau proses yang harus dilakukan dalam menghadapi kehidupan ekonomi tersebut. Dengan demikian, jalan keluar masyarakat Desa Putri Puyu perlu mengadakan suatu cara yang bisa membawa rumah tangga lebih baik dan berhasil meraih ekonomi yang optimal.

Pendapat para ahli, seperti Crow yang melihat bahwa itu adalah pilihan, sebenarnya tidak juga, melainkan sebuah proses aktif yang dilakukan oleh masyarakat untuk bisa bertahan hidup. Mereka melakukan tindakan tersebut karena adanya proses perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Misalnya, perubahan akibat mata pencaharian, perubahan akibat bencana alam, dan sebagainya. Dengan demikian strategi bertahan hidup merupakan sebuah proses aktif yang dilakukan individu atau kelompok dalam menghadapi permasalahan kehidupan baik secara ekonomi, politik, budaya, maupun sosial.