Apa yang dimaksud dengan SPF?

Apa yang dimaksud dengan SPF

Saatnya kita mengetahui makna dibalik Sun Protection Factor atau SPF pada sunblock. Angka yang tertera di belakang SPF menunjukkan seberapa lama sunblock tersebut mampu melindungi kulit dari sinar matahari dan juga seberapa kuat sunblock tersebut menangkal sinar UV.

1 Like

Angka yang tertera di belakang SPF menunjukkan seberapa lama sunblock tersebut mampu melindungi kulit dari sinar matahari dan juga seberapa kuat sunblock tersebut menangkal sinar UV.

Cara menghitung kekuatannya, kurangi nilai SPF dengan angka 1, kemudian bagi dengan nilai SPF tadi. Misalnya, SPF 15, artinya dia memiliki kekuatan (15-1)/15, yaitu 0,93 atau dengan kata lain sunblock ini mampu menahan 93% sinar UV untuk masuk ke kulit. Sunblock dengan SPF 30 mampu menangkal 96,7% sinar UV, dan seterusnya. Jangan lupa pilih sunblock yang memiliki broad spectrum, artinya mampu melindungi dari sinar UV A dan juga UV B.

Untuk menghitung lama perlindungan sunblock pada kulit kita, itu tergantung pada jenis masing-masing kulit. Orang berkulit putih biasanya hanya bertahan 10 menit sampai kulitnya kemerahan jika tanpa sunblock. Sementara itu, orang dengan kulit kuning langsat 15 menit dan orang kulit cokelat sampai hitam sekitar 20 menit. Orang berkulit cokelat dan hitam lebih tahan terhadap sinar matahari karena memiliki lebih banyak pigmen melanin.

Lama perlindungan sunblock dihitung dengan mengalikan nilai SPF dengan lama kulit bertahan jika tanpa sunblock. Sunblock dengan SPF 15 mampu melindungi orang berkulit putih 15×10 menit, yaitu 150 menit. Pada orang dengan kulit kuning langsat, sunblock ini dapat melindunginya selama 15×15 menit, yaitu 225 menit. Lama perlindungan ini tidak berlaku jika kamu berenang atau bermain air karena lotion yang kamu pakai tidak akan menempel lagi di kulit jika terkena air.

Sumber

sains.me

1 Like

Salah satu parameter tabir surya yang baik adalah memiliki nilai SPF yang tinggi, sehingga mampu melindungi kulit dalam jangka waktu cukup panjang (Caswell, 2001). Nilai SPF menunjukkan tingkat lamanya tabir surya bisa melindungi kulit dari radiasi sinar matahari (UV) atau berapa lama bisa berada di bawah sinar matahari tanpa membuat kulit terbakar (sunburn). Semakin tinggi nilai SPF, semakin besar perlindungan terhadap kulit. Kulit yang terpapar sinar matahari tanpa dilindungi tabir surya akan menghitam setelah 10 menit. Krim dengan nilai SPF 2 artinya memiliki waktu 2x10 menit = 20 menit, bagi konsumen terlindung dari radiasi sinar matahari (Allen, 2010).

Secara umum metode pengukuran SPF secara in vitro dapat dibagi menjadi dua. Metode pertama yaitu dengan mengukur serapan atau transmisi radiasi UV melalui lapisan produk tabir surya pada plat kuarsa atau biomembran. Metode yang kedua adalah dengan menentukan karakteristik serapan tabir surya menggunakan analisis spektrofotometri (Caswell, 2001). Menurut Food and Drug Administration Amerika Serikat (FDA) mengelompokkan keefektifan sediaan krim tabir surya dalam memberikan proteksi terhadap kulit kedalam tabel berikut ini :

image

Cara perhitungan nilai SPF secara matematis menurut Mansur adalah: SPFspectrophotometric

image

Keterangan :

CF = Correction Factor merupakan faktor koreksi yang sudah mempunyai nilai tetap yaitu 10.

EE = Erythemal Effect spectrum menyatakan spektrum efek eritemal.

I = Solar intensity spectrum adalah intensitas spektrum sinar Abs = Absorbansi merupakan nilai serapan produk tabir surya.

1 Like