Apa yang dimaksud dengan SPF (Sun Protection Factor) dalam Produk Kecantikan?

spf

SPF biasanya ada pada banyak produk kecantikan. Terkadang masih bingung dalam memilih berapa SPF yang cocok untuk kulit karena belum memahami sebenarnya tentang SPF.

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. SPF dalam sebuah produk pelindung matahari akan memberi tahu Anda sebaik apa produk tersebut dalam melindungi kulit Anda dari sengatan matahari. Angka SPF adalah penentu seberapa lama Anda dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut. Jadi, jika biasanya Anda membutuhkan waktu sekitar 15 menit sampai kulit Anda mulai terbakar matahari tanpa dilindungi apapun, dan Anda menggunakan SPF 10, produk tersebut akan memperpanjang waktu Anda hingga 10 kali lipat lebih lama sebelum terbakar, atau 15×10 menit = 150 menit alias 2,5 jam. Jika kulit Anda biasanya terbakar matahari dalam 10 menit jika tidak pakai krim pelindung, dan Anda menggunakan SPF 30, maka krim ini akan melindungi Anda dari paparan matahari selama 300 menit. Dan seterusnya.

Semakin tinggi angka SPF tidak mengindikasikan seberapa kuat perlindungan yang disediakan oleh produk tersebut. SPF10 melindungi Anda dari terik matahari sama baiknya dengan SPF15 atau SPF50 sekalipun. Tingkat SPF tinggi akan memblokir lebih banyak UVB, namun tidak menyediakan 100% proteksi dari risiko kulit gosong. Namun, produk ber-SPF tinggi mampu memberikan perlindungan lebih baik dari risiko kerusakan kulit jangka panjang, seperti kanker kulit.

Semakin kecil tingkat SPF, Anda harus lebih sering untuk mengaplikasikan ulang untuk memperlama waktu Anda beraktivitas di bawah terik matahari tanpa khawatir terbakar.

Perlu diingat bahwa produk pelindung matahari, baik itu tabir surya atau sunblock, mudah terbilas air, membuat sebagian tubuh Anda menjadi rentan terhadap sinar UV. Mengaplikasikan perlindungan matahari secara tidak merata atau tidak cukup sering dapat mengurangi efektivitasnya. Berapapun tingkat SPF dari produk yang Anda gunakan, gunakan ulang secara merata baik setelah jangka waktunya habis, atau segera setelah selesai berenang atau berkeringat.

Sumber

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/bedanya-sunscreen-dan-sunblock/

image

SPF atau singkatan dari Sun Protection Factor merupakan indikator pelindung matahari dalam sebuah produk kosmetik atau skincare termasuk pada sunblock. Sedangkan angka yang tercantum di belakangnya sebagai informasi untuk kamu berapa lama sunblock tersebut dapat melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari tanpa terbakar.

Semakin tinggi angka SPF sebenarnya tidak menjamin kekuatannya dalam melindungi kulit kamu dari bahaya sinar UVA dan UVB. SPF yang tinggi akan memblokir lebih banyak UVB, namun tidak 100% memproteksi dari risiko kulit terbakar . Namun, sunblock yang memiliki kandungan SPF tinggi mampu memberikan perlindungan dari risiko kerusakan kulit jangka panjang. Sebaliknya, Semakin kecil angka SPF yang tercantum, maka kamu harus lebih sering mengaplikasikan ulang atau retouch agar aman beraktivitas di bawah terik matahari tanpa khawatir kulit akan terbakar.
Di balik kemampuannya melindungi kulit dari paparan matahari, ternyata manfaat SPF sangat banyak sekali. Di antaranya yaitu:

  1. Menjaga Kesehatan Kulit
    Kandungan SPF 30 baik untuk menjaga kesehatan kulit kamu. Hal tersebut karena SPF memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk kulit kamu. Dengan kandungan SPF ini, maka sunscreen dapat membantu menjaga kesehatan kulit, serta menjaga kecerahan dan kebersihan kulit setiap saat.

  2. Menutrisi Kulit
    Selain membantu mengoptimalkan kesehatan kulit, produk kecantikan yang mengandung SPF ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi pada kulit kamu. Vitamin dan juga mineral yang diserap sangat penting untuk kesehatan kulit.

  3. Meningkatkan Kelembapan
    Produk yang mengandung SPF juga memberikan manfaat dalam menjaga kelembapan kulit. Pastinya kulit kering akan mengganggu penampilan. Kandungan SPF dalam skincare -mu akan melindungimu dari sinar ultraviolet, sehingga kelembapan pun akan terjaga.

  4. Menjaga Kulit dari Radiasi Sinar Ultraviolet
    Sesuai dengan namanya, SPF akan melindungimu dari sinar matahari. Ini berarti SPF selama kurang lebih 300 menit mampu menjaga kulit kamu dari radiasi sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh pancaran sinar matahari. Terutama pada waktu-waktu tertentu, antara pukul 11.00-14.00. Pada waktu seperti itu, matahari sedang bersinar terik dan memancarkan sinar UV A, B, dan C.

  5. Mencegah Terjadinya Kulit Terbakar
    Salah satu efek buruk dari pancaran sinar matahari bagi kulit kamu adalah dapat menyebabkan kulit menjadi gosong dan terbakar. Hal ini tentu akan sangat mengganggu penampilan kamu. Manfaat SPF 30 untuk kulit dapat membantu kamu mencegah terjadinya hal seperti ini.

Sunscreen adalah cara penting untuk melindungi kulit terhadap sinar matahari yang berbahaya. Dengan begitu banyak pilihan, bagaimana kita bisa tahu mana yang merupakan pilihan terbaik?

Produk perlindungan matahari dijual karena mereka melindungi terhadap kanker dan kondisi kesehatan lainnya. Untuk alasan ini, the United States Food and Drug Administration (FDA) menganggapnya sebagai obat dan mengatur penjualan dan pelabelan mereka.

Secara hukum, label produk sunscreen harus menyertakan nomor faktor perlindungan matahari (SPF) untuk menunjukkan tingkat perlindungan dari sinar UVB, dan menyatakan apakah telah lulus uji spektrum luas terhadap radiasi ultraviolet (UVA) matahari. Tindakan inovasi sunscreen (SIA) mengatur bagaimana ini harus dilakukan.

Apa arti SPF ? Beberapa tips tentang cara menggunakan sunscreen, berapa banyak untuk digunakan, kapan harus menggunakannya, dan bagaimana faktor-faktor lain mempengaruhi kebutuhan akan perlindungan.

Faktor perlindungan matahari (SPF) adalah angka, misalnya, SPF15. Ini menunjukkan seberapa banyak perlindungan yang ditawarkan produk terhadap sinar UVB.

Produk dengan nomor SPF lebih tinggi akan menawarkan perlindungan yang lebih besar. Semua produk yang dijual di AS harus menunjukkan nilai ini. Mereka juga harus menunjukkan apakah sunscreen telah lulus tes spektrum luas.

Menurut FDA, penggunaan sunscreen dengan SPF 15 atau lebih, dikombinasikan dengan tindakan lain, seperti memakai kacamata hitam dan menghindari matahari tengah hari, dapat membantu mencegah kanker kulit.

Referensi

Sumber : https://www.medicalnewstoday.com/articles/306838