© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan Somatologi?

Somatologi

Somatologi adalah ilmu yang memelajari keberagaman ras manusia dengan mengamati ciri-ciri fisik.

Somatologi dalam Perspektif

  • Somatologi adalah Ilmu yang mempelajari perubahan dam keberagaman ciri fisik manusia baik fenotip maupun genotip. Genotip berkaitan dengan susunan gen yang berada dalam tubuh serta tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, seperti susunan DNA . Sementara, fenotip berkaitan dengan sifat-sifat yang tampak dari tubuh manusia seperti warna rambut, warna kulit, tinggi badan, bentuk mata dan lain-lain.

  • Sekelompok manusia yang tinggal pada wilayah yang sama, keturunan yang sama, serta dengan cara hidup yang sama biasanya memiliki ciri fisik yang sama satu dengan yang lainnya disebut dengan ras. Sehingga dengan mengamati orang-orang pada ras yang sama, kita dapat menyimpulkan ciri fisik suatu ras.

  • Seperti ras kaukasoid memiliki ciri fisik:

  1. Bola mata berwarna (biru, hijau/ coklat)
  2. Hidung kemerahan
  3. Serta warna kulit pucat
  • Sementara ras negroid memiliki ciri fisik:
  1. Kulit berwarna hitam
  2. bibir tebal
  3. Bola mata berwarna hitam
  4. Rambut keriting
  5. Cuping hidung lebar
  • Dalam somatologi kita akan mempelajari ciri fisik manusia secara mendalam. Tidak hanya dari segi bentuk dan warna tubuh,
  1. bahkan sampai kepada ukuran anggota tubuh seperti panjang dan lebar kepala,
  2. panjang dan lebar wajah,
  3. serta tinggi hidung,
  4. tinggi badan
  5. panjang kaki,
  6. berat badan dll.
  • Salah satu contohnya adalah fakta bahwa rata-rata orang eropa(kaukasoid) memiliki kaki yang lebih panjang dari orang indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, Faktor lingkungan, kegiatana sehari-hari serta pola makan dll.
Referensi

Barnow, V. 1979. Anthropology, a Genral Introduction. Illinois: The Dorsey Press

Coleman, S. dan Helen Watson. 2005. Pengantar Antropologi (terj.) dari judul aseli An Introduction to Anthropology [London: 1992] diterjemahkan oleh lala Herawati Dharma, Bandung: Penerbit Nuansa.

Glazer, Nathan dan Moynihan, Daniel P. (1975) Ethnicity: Theory and Experience. Cambridge, Mass: Harvard University Press.