Apa yang dimaksud dengan Solar flare ?

Solar flare

Solar flare adalah ledakan di Matahari akibat terbukanya salah satu kumparan medan magnet permukaan Matahari. Ledakan ini melepaskan partikel berenergi tinggi dan radiasi elektromagnetik pada panjang gelombang sinar-x dan sinar gamma. Partikel berenergi tinggi yang dilepaskan oleh peristiwa solar flare, jika mengarah ke Bumi, akan mencapai Bumi dalam waktu 1-2 hari. Sedangkan radiasi elektromagnetik energi tingginya, akan mencapai Bumi dalam waktu hanya sekitar 8 menit.

Apa yang dimaksud dengan Solar flare ?

Solar Flare aatu Solar coronal mass ejections


Solar flare atau enjeksi masa korona matahari (Solar coronal mass ejections), juga dikenal badai geomagnetik. Solar Flare merupakan aktivitas matahari yang sangat intens, mengeluarkan energi dalam waktu singkat, terlihat seperti area terang pada Matahari dalam panjang gelombang optik dan sebagai semburan suara di radio
panjang gelombang; mereka bisa bertahan dari beberapa menit hingga berjam-jam, dan mereka adalah peristiwa ledakan terbesar itu
terjadi di tata surya. Sumber energi utama untuk Solar flare diperkirakan berasal dari aktivitas pemutusan dan penggabungan medan magnetik matahari yang kuat.

Radiasi yang dihasilakan Solar flare meliputi seluruh spektrum elektromagnetik, dari sinar gamma untuk sinar-x, melalui cahaya tampak sepanjang gelombang radio hingga berkilometer , gambar NOAA / SEC ,
SOHO dan SDO, menunjukkan hubungan antara Sunspots dan proses erupsi Solar flareyang dominan.

Aktifitas Geomagnetik seperti Aurora, disebabkan oleh partikel bermuatan yang dihasilkan oleh Solar flare. Ketika Solar flare terjadi secara intens dampaknya dapat menyebabakan kerusakan telekomunikasi, listrik, barang elektronik, telegraph, dan satelit komunikasi. Solar flare berhubungan dengan Sunspot dan medan magnet intens yang dihasilkan oleh Sunspot dikenal sebagai proses koneksi magnetik. Mekanisme koneksi magnetik belum diketahui dalam permulaan Solar flare.

Mekanisme terjadinya Solar flare telah dipecahkan oleh Universal Energies, dimana ledakan disebebkan oleh reaksi fusi Nuklir pada Matahari, dan dimulai dengan medan magnetik eksternal. Fusi Nuklir dan Meda magnetik eksternal menghasilkan energi partikel bermuatan.

Solar Flare terkuat yang pernah terjadi di Carrington Event pada tahun 1859. Dengan kecepatan angin plasma Matahari yang luar biasa dan menghasilkan Aurora pada 29 Agustus 1860. Magnetometer berbasis darat
mencatat badai geomagnetik yang sangat besar terjadi pada 1 dan 2 September, dengan
Peristiwa aurora yang kuat diamati sejauh selatan seperti di Karibia. Pada saat itu Solar flare mengakibatkan sistem telegraph dunia rusak.

Pada tahun 2013 Lloyd dari London memperkirakan biaya kerusakan yang diakibatkan Solar flare pada tahun 1860 sekitar 0,6 hingga 2,6 triliun dolar Amerika. Bila Solar flare di Carrington, 1860 terjadi pada hari ini maka seluruh dunia akan mengalami kerusakan, karena sebagian besar wilayah dunia dibangun disekitar listik dan barang elektronik. Hal ini dapat membuat kerusakan yang lebih serius dibanding pada saat Solar flare di Carrington, 1860 yang belum menemukan listrik pada saat itu.

Rieferensi :