Apa yang dimaksud dengan Sneakernet pada perusahaan IT?

Kita tahu bahwa keseharian kita menggunakan jaringan yang lazim disebut dengan internet, namun apakah yang dimaksud dengan Sneakernet? Dan mengapa begitu populer di perusahan besar? Apa yang membedakan Sneakernet dengan Network ?

Sneakernet adalah suatu cara untuk mentransfer data atau file secara fisik atau nyata dengan menggunakan media penyimpanan portable (seperti Disket atau Flashdisk) ke PC yang kita tuju kemudian menyimpan hasil salinan itu ke dalam PC kita. Pengertian lainnya dari sneakernet adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi/data atau file oleh seseorang dengan menggunakan media penyimpanan portable dari sumber tujuan kemudian hasil salinan tersebut di paste pada PC kita.

Hal ini dinamakan Sneakernet karena dalam penerapannya, dari tempat kita berada kita pergi ke tempat teman kita berada yang memiliki PC dengan file yang kita inginkan, copy file tersebut pada Flashdisk, lalu kita pergi ke tempat asal kita dan menyimpan file tersebut pada PC kita. Berdasarkan pada hal tersebut, sneakernet banyak digunakan pada perusahaan besar karena dapat mempermudah proses transfer data dari suatu PC ke PC lainnya.

Sneakernet dengan network masih berhubungan erat karena nama sneakernet diambil dari kata “sneaker” dan “network”. namun bedanya, sneakernet adalah media transfer data berupa kabel atau gelombang radio pada sebuah jaringan untuk mendapat sebuah file yg kita inginkan dari PC lainnya.

Sumber:


image

Sneakernet adalah istilah untuk metode mentransmisikan informasi elektronik dengan mengangkutnya secara pribadi dari satu tempat ke tempat lain pada floppy disk atau media removable lainnya.

sneakernet juga dikenal sebagai trainnets atau pigeonets, yang digunakan di dunia komputer. sneakernet dapat digunakan saat jaringan komputer sangat mahal bagi pemiliknya untuk dipertahankan di lingkungan dengan keamanan tinggi dimana pemeriksaan secara manual (untuk mengklasifikasi ulang informasi) diperlukan, informasi perlu dibagikan antar jaringan dengan level keamanan yang berbeda, dan ketika transfer data tidak praktis karena keterbatasan bandwith, atau ketika laptop tidak kompatibel dengan jaringan lokal, atau pun hanya bila dua komputer tidak dinyalakan pada saat bersamaan atau tidak memiliki kabel interkoneksi yang benar. Karena sneakernets memanfaatkan media fisik, tindakan pengamanan yang berbeda harus diperhitungkan untuk transfer informasi sensitif.

Bentuk transfer data ini juga digunakan untuk sharing file peer-to-peer (atau teman-ke-teman) dan telah berkembang dalam popularitas di wilayah metropolitan dan komunitas perguruan tinggi. Kemudahan sistem ini telah difasilitasi oleh tersedianya USB hard drive eksternal, USB flash drive dan pemutar musik portabel.

Sumber:


Sneakernet adalah suatu terminologi yang mendeskripsikan proses transfer data dari suatu komputer ke komputer lain menggunakan media portable seperti harddisk, flashdisk, DVD, dan sebagainya. Sneaker diambil dari istilah untuk sepatu , yang berarti memindahkan secara fisik data tersebut dan menaruhnya di media portabel dan memindahkannya ke tempat lain.

https://www.bayt.com/en/specialties/q/267540/what-is-sneakernet/